Sukses

5 Tips untuk Keluar dari Kemerosotan Motivasi

Ada kalanya orang-orang yang termotivasi sekalipun akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan sesuatu yang sudah dimulainya.

Citizen6, Jakarta Ketika kamu memulai sesuatu untuk mencapai sebuah tujuan besar, biasanya kamu akan merasa cukup mudah dan merasa sangat termotivasi di awal. Pada awalnya, kamu akan berpikir tentang hasil akhir dan hal tersebut akan membuat dirimu penuh dengan berbagai rencana dan antusiasme yang tinggi.

Akan tetapi, ada kalanya orang-orang yang termotivasi sekalipun akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan sesuatu yang sudah dimulainya. Apa yang harus dilakukan ketika kamu mengalami kemerosotan motivasi? Ternyata ada banyak cara yang dapat membuatmu merasa termotivasi kembali, apa sajakah cara itu? 

Berikut 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan motivasimu kembali ketika merasa seperti tidak melakukan apa-apa.

1. Mencari tahu mengapa dirimu berada dalam kemerosotan motivasi

Beberapa alasanmu yang mungkin sedang kamu rasakan saat dirimu mengalami kemerosotan motivasi.

a. Kamu merasa takut akan sesuatu yang diketahui dan harus kamu lakukan. Biasanya hal ini akan membuatmu untuk menunda-nunda menyelesaikan sesuatu tersebut, karena kamu benar-benar merasa tidak menyukainya. Hal yang harus kamu perhatikan yakni jangan pernah menganggap hal yang menjadi bagian penting yang harus dilakukan untuk mencapai tujuanmu adalah sebuah beban. Lakukanlah dengan ikhlas agar dirimu tidak merasa terbebani yang nantinya justru hanya akan membuatmu merasa berat untuk melakukannya.

b). Kamu sedang berada dalam kondisi yang lelah. Jika kamu sedang dalam keadaan seperti ini, itu berarti kamu sedang mengalami kekurangan gizi, kekurangan tidur, kurangnya berolahraga, atau kondisi tubuhmu memang sedang sakit sehingga kamu merasa dalam kondisi yang tidak baik. Berilah waktu untuk tubuhmu beristirahat agar pikiranmu menjadi lebih segar setelahnya.

c). Kamu kekurangan rasa percaya diri. Kamu hanya merasa takut untuk keluar dari zona nyaman untuk melakukan sesuatu yang baru.

d). Kamu sedang mengerjakan suatu pekerjaan lain. Semangat yang kerap datang di awal saat memulai seuatu hal pastinya akan memberikanmu efek rasa gembira. Namun kamu perlu mengingat akan satu hal, ketika kamu sedang merasa gembira karena merasa semangat dan termotivasi, jangan terlalu cepat merasa puas. Karena bagian tersulit ketika memulai suatu hal ada pada bagian tengah, yakni ketika kamu sedang menjalankannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Next

2. Ketika Kamu mencemaskan sesuatu, hal itu akan membuatmu mustahil untuk melakukan tugas

Untuk menghindarkan diri dari kecemasan, hal yang perlu kamu perhatikan adalah sebuah persiapan yang matang dan baik. Persiapan yang baik akan menghindarkanmu dari perasaan cemas. Misalnya, jika kamu tahu bahwa kamu sudah memiliki rencana untuk berolahraga di pagi hari, cobalah untuk menempatkan pakaian olahraga milikmu di samping tempat tidur, sehingga hal pertama yang kamu lihat ketika bangun adalah pakaian olahraga yang sudah telah disiapkan sebelumnya.

Dengan begitu, kamu akan merasa jauh lebih siap untuk memulai sesuatu yang sudah kamu rencakan sebelumnya. Selain itu, memiliki patner yang dapat diajak bekerja sama secara konsisten akan meningkatkan kemungkinanmu untuk sukses dalam menggapai tujuan.

3 dari 5 halaman

Next

3. Ketika lelah, istirahatkanlah tubuhmu

Kemerosotan motivasi dapat dipengaruhi oleh kesehatan tubuh yang sedang menurun. Memperhatikan kesehatan tubuhmu dapat membantu kamu keluar dari keterpurukan yang kamu alami. Perlu diingat, bahwa pikiran dan tubuh sangat memiliki keterikatan satu sama lain. Menjaga kondisi tubuh tetap sehat akan membuatmu merasa lebih siap untuk memulai dan menjalankan sesuatu dengan lebih termotivasi.

4 dari 5 halaman

Next

4. Jangan pernah meragukan kemampuan yang Kamu miliki

Apakah selama ini ada komentar negatif atau peristiwa dalam hidupmu yang telah mengganggu pikiranmu selama ini? Apakah kamu terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain? Ketika kamu sedang berjuang dengan pikiran negatif seperti hal-hal tadi, kamu hanya perlu memberikan pujian atau melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk meremajakan sukacita dirimu. Pujilah dirimu dengan menyebut bahwa kamu memiliki kemampuan yang baik dan tak perlu meragukan kemampuan dirimu sendiri. Motivasi terbaik datangnya bukan dari orang lain, melainkan dari dirimu sendiri.

5 dari 5 halaman

Next

5. Percayalah bahwa kemerosotan motivasi yang dialami tidak akan berlangsung selamanya dan segera ambil tindakan untuk mulai keluar dari keadaan tersebut

Mulai dan biasakanlah dirimu untuk terus bergerak maju, meskipun dengan langkah-langkah kecil. Ingatlah bahwa ketekunan dapat membuat perbedaan besar dalam keberhasilan yang akan kamu raih. Ingat bahwa kesuksesan adalah sebuah perjalanan liar dengan banyak halang rintang dan tikungan tajam yang akan terus ada di depan jalanmu, serta jalan untuk mencapai keberhasilan itu tidak selalu merupakan jalan yang lurus dan aman seperti yang selama ini banyak orang bayangkan.

Ingat bahwa bergerak maju ketika dirimu merasa sedang tidak termotivasi akan membantumu mendorong semangat dirimu melalui rasa takut yang kamu miliki. Berusahalah untuk keluarlah dari zona nyamanmu dan berjuanglah untuk dapat memenangkan pertempuran mental dengan dirimu sendiri.

Setiap langkah yang diambil saat dirimu sedang berada dalam masa sulit, akan membantumu merasa lebih percaya diri dan lebih mampu melakukan hal yang harus kamu lakukan demi menggapai tujuanmu, serta memberikanmu momentum untuk terus bergerak keluar dari keterpurukan dirimu. Pada dasarnya, setiap orang sesekali akan mengalami kemerosotan motivasi pada dirinya. Menyadari penyebab kurangnya motivasi pada diri sendiri dan mengambil tindakan untuk segera keluar dari keterpurukan tersebut, akan membantu memaksimalkan keberhasilan yang akan kamu raih ke depannya.

(soy/ul)

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.