Sukses

Cara Unik Memotong Pizza dengan Rumus Matematika

Bagaimana cara memotong pizza? Dengan membagi empat terlalu umum, simak cara memotong pizza menurut dua ahli matematika ini.

Citizen6, Jakarta Pizza, roti bundar pipih yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih semacam daging atau sayuran. Roti bundar sedap dari Itali ini sering menjadi santapan saat santai dan berkumpul dengan teman. Sebuah pertanyaan saat menyantap pizza bersama-sama, bagaimana memastikan setiap orang mendapat potongan pizza dengan adil? Tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil?

Secara umum, satu porsi bundar pizza akan dibagi empat. Dengan pisau khusus, pizza akan diiris melintang dan membujur seperti tanda '+' . Sebuah irisan dilakukan untuk membaginya menjadi 8 bagian atau lebih. Lalu bagaimana jika ingin dibagi menjadi 20 potong, yang masing-masing harus memiliki bagian yang sama setiap potongnya?

Jawaban singkat yang muncul adalah 'beli pizza satu loyang lagi' , namun tidak bagi ahli matematika. Ini adalah pertanyaan serius yang membutuhkan perhitungan matematis. Alih-alih membeli satu loyang pizza, mereka menggunakan rumus matematika dan kode algoritma untuk membagi kue bundar ini secara adil.

Simak cara mereka membagi pizza dengan rumus matematika dan perhitungan algoritma disini.

 

(Mh)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini