Sukses

Unik, Museum Bawah Laut Ini Memukau Turis Dunia

Sekitar 100 meter dari pantai di Cape Tarhankut, Eropa, ada sebuah museum patung-patung unik yang berada pada kedalaman 10-12 meter.

Citizen6, Crimea Museum memang menjadi tempat institusi yang melesatarikan artefak dan benda ilmiah, seni, budaya, maupun sejarah. Maka tak heran jika museum menjadi salah satu lokasi yang dijadikan sebagai tujuan wisata para turis ketika mengunjungi sebuah daerah atau negara.

Alasan publik untuk mengunjungi sebuah museum pun beragam, ada yang sekedar ingin melihat dan mengabadikan koleksi yang dimiliki museum, adapula yang ingin memahami sejarahnya. Namun bagaimana jika museum tersebut berada di dasar laut?

dok: Amusingplanet.com

Sekitar 100 meter dari pantai di Cape Tarhankut, di bagian barat Crimea, Eropa, ada sebuah museum patung-patung unik yang berada pada kedalaman 10-12 meter. Dilansir AmusingPlanet, Jumat (22/1/2016), museum yang disebut "Alley of Leaders" ini memiliki sekitar 50 patung, diantaranya patung mantan pemimpin Soviet, Lenin, Stalin dan Marx. Adapula replika beberapa ikon dunia seperti Menara Eiffel Paris dan Tower Bridge London.

dok: Amusingplanet.com

Museum unik ini diciptakan oleh penyelam scuba, Vladimir Broumenskyy yang berasal dari Donetsk pada 1992 silam. Ketika Uni Soviet baru saja runtuh dan patung-patung pemimpinnya rusak ia pun mengumpulkan beberapa patung tersebut dan membawanya ke Cape Tarhankut untuk di tenggelamkan ke laut. Sementara beberapa masyarakat membawanya ke Moskow untuk ditempatkan pada Taman Pahlawan.

dok: Amusingplanet.com

dok: Amusingplanet.com

Walaupun berada di dasar laut, pihak pengurus museum ini tak pernah mengeluh tentang kurangnya pengunjung. Nah, bagaimana dengan kamu. Tertarik berkunjung ke museum ini?

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.