Sukses

Api Misterius Resahkan Warga di Semarang, Polisi Bingung

Saya tidak tahu, pokoknya api itu bisa muncul di perabotan yang kami letakkan. Mau diletakkan di mana saja

Citizen6 Jakarta - Api yang membakar tiga rumah di Kampung Jangli Tlawah,Candisari, Semarang pada 19 Februari kemarin belum diketahui asal-asulnya. Menurut penuturan warga, kebakaran itu terjadi lantaran adanya api misterius yang kerap muncul selama ini.

Keberadaan api ini dianggap misterius karena api itu bisa tiba-tiba muncul dan membakar sejumlah perabot rumah tangga. Tanpa pernah diketahui dari mana titik-titik api kecil tersebut muncul.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan tim citizen6, seorang korban bernama Kastari 65 tahun menuturkan kesaksiannya. Mula-mula api hanya muncul di ruangan, namun kemudian terus membesar dan membakar perabot.

"Awalnya muncul dari titik api, lalu besar. Kebetulan saat rumah kondisi kosong api membesar dan membakar perabotan rumah,” katanya.

Kastari menjelaskan, kemunculan api aneh itu pertama terjadi pada dua bulan lalu. Namun dia saat itu ia tidak curiga karena skalanya yang kecil dan mudah dipadamkan. Tapi intensitas kemunculan api itu semakin sering hingga menyebabkan kebakaran pada Kamis lalu. 

"Kemarin saat kebakaran api muncul sebanyak 20 kali di berbagai ruangan. Saya tidak tahu, pokoknya api itu bisa muncul di perabotan yang kami letakkan. Mau diletakkan di mana saja, pasti apinya bisa muncul,” ujarnya sambil menunjukkan bekas perabot yang terbakar.

Sementara Polsek Candisari dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah berkali-kali turun ke lokasi untuk mencari tahu penyebab kemunculan api. Namun, hasilnya sampai saat ini masih nihil.

Iptu Dhayita Daneswari selaku Kapolsek Candisari Semarang semula menduga, api itu muncul lantaran ada kandungan zat metana yang besar di kampung tersebut. Namun dugaan itu tidak terbukti. "Dugaan lain korsleting listrik, tapi setelah kami selidiki tidak terbukti juga," ujarnya.

Hingga kini sejumlah warga di daerah itu mengaku waswas dan terus berjaga di rumah Kastari. Warga khawatir api misterius itu akan muncul tiba-tiba dan membakar kampung mereka. Beberapa warga bahkan pernah mendatangi orang pintar untuk mencari tahu penyebab kemunculan api ini. Namun hingga saat ini, mereka belum juga mendapatkan jawaban yang memuaskan.

(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.