Sukses

Gerhana Matahari Total dan 6 Fakta Menariknya

Gerhana matahari total (GMT) dan 6 fakta menarik tentang gerhana matahari total. Simak ulasannya.

Citizen6, Jakarta Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada 9 Maret 2016, namun tahukah anda bahwa gerhana matahari total ini diikuti dengan sejumlah fakta menarik? Berikut enam fakta menarik tentang gerhana matahari total yang dilansir dari space facts :

  1. Gerhana matahari total (GMT) ternyata tergantung pada posisi geometri matahari, bulan dan bumi.

Karena itu, kejadian gerhana matahari total (GMT) bisa terjadi 2 - 5 kali tiap tahun. Gerhana matahari total terjadi apabila saat puncak gerhana matahari, yaitu posisi piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat gerhana matahari total terjadi, piringan bulan menjadi sama besar atau lebih besar dari piringan matahari.

Ukuran piringan matahari dan piringan bulan sendiri tidak tetap dan cenderung berubah-ubah tergantung masing-masing jarak bumi-bulan dan bumi-matahari. Jarak tersebut memengaruhi lama terjadinya gerhana matahari total.

Berikut kelanjutan fakta menarik tentang gerhana matahari total yang bisa dibaca di thread gerhana matahari total berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.