Sukses

Daftar Negara Paling Individualis di Dunia, NKRI Nomor Berapa?

Hasil survei menunjukkan beberapa negara ternyata memiliki tingkat kepedulian yangg rendah

Citizen6, Jakarta Banyak yang bilang kalau ketidakpedulian telah menjadi ciri khas masyarakat modern. Cuek, acuh, dan masa bodoh kerap ditemui saat konflik sosial terjadi. Degradasi moralkah yang tengah terjadi?

Hal tersebut ternyata sesuai dengan hasil survei yang dilakukan oleh Ipsos MORI. Lembaga riset sosial Inggris itu meminta lebih dari 1.500 orang dari 33 negara yang berbeda, dengan serangkaian pertanyaan tentang isu sosial dan politik.

Hasil dari survei yang mereka sebut "Perils of Perception 2015" tersebut mengungkapkan kalau warga beberapa negara cenderung tidak peduli dengan isu yang tengah berkembang. Misalnya saja mengenai isu obesitas.

Dilansir dari Iflscience, Rabu (16/03/2016), dari hasil survei, banyak negara menganggap remeh isu obesitas di negara mereka. Sementara hanya Cina, Jepang, dan India yang menilai terlalu tinggi isu obesitas.

Berdasarkan survei pula, didapatlah 20 negara dengan skor terendah yang membuktikan negara-negara tersebut tak terlalu peduli dengan isu yang tengah berkembang. Negara-negara tersebut yakni:

1. Meksiko
2. India
3. Brasil
4. Peru
5. Selandia Baru
6. Kolombia
7. Belgia
8. Afrika Selatan
9. Argentina
10. Italia
11. Rusia
12. Chili
13. Britania Raya
14. Israel
15. Australia
16. Jepang
17. Kanada
18. Jerman
19. Belanda
20. Spanyol

Yang penting untuk diingat, isu-isu di balik kuesioner tersebut berhubungan dengan semua jenis faktor sosio-ekonomi, kepekaan budaya, dan masalah dengan pengumpulan data itu sendiri.

Patut dikaji bahwa ketidakpedulian akan isu yang tengah berkembang, membuat beberapa orang menilai terlalu tinggi atau terlalu rendah terhadap masalah yang dijabarkan dalam kuesioner. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.