Sukses

Teror Bom di Brussel, Seniman Dunia Ciptakan Kartun Simpati

Seniman dunia menunjukkan simpati mereka dengan menciptakan kartun dan karikatur simpati terhadap teror bom di Brussel

Citizen6, Brussel - Dunia kembali berduka. Setelah Paris, insiden teror beruntun melanda Brussel. Ledakan bom terjadi pertama kali pada Selasa (22/03/2016), pukul 08.00 waktu setempat di Bandara Zaventem, Belgia.

Tak beberapa lama, bom kembali meledak di stasiun Metro. Dua ledakan beruntun itu menyebabkan 26 orang tewas dan puluhan orang luka-luka. Sebanyak 11 orang tewas di bandara, sementara 15 lainnya di stasiun Metro.

Seperti yang sudah-sudah, seniman dan netizen langsung tergerak menunjukkan simpati mereka pada insiden yang terjadi di Brussel. Berbagai foto, kartun, dan karikatur ungkapan bela sungkawa diciptakan oleh netizen.

Kebanyakan, gambar yang diciptakan berlatar belakang bendera Belgia berwarna hitam, kuning, dan merah. Ada pula yang menggabungkan bendera Perancis dengan Belgia karena keduanya sama-sama dilanda teror bom.

 

Yang menarik, ada kartun Manneken Pis yang tampak mengencingi senjata dan ISIS. Manneken Pis sendiri merupakan patung terkenal dari Belgia yang menunjukkan anak kecil sedang buang air kecil.

 

Tak hanya itu, ada pula yang membuat gambar simpati dengan memanfaatkan tokoh Tintin. Tintin juga kartun terkenal yang diciptakan oleh kartunis Belgia, Herge.

 

Presiden Jokowi turut mengutuk insiden yang diklaim oleh ISIS sebagai ulah mereka. Dalam cuitannya, Jokowi turut mengirim duka cita mendalam bagi korban dan rakyat Belgia.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini