Sukses

Ternyata Kecap Made in China Ini, Terbuat dari Rambut Manusia

China memang terkenal hampir di seantero dunia dengan produk-produknya yang minimalis alias di bawah standar.

Citizen6 Jakarta - China memang terkenal hampir di seantero dunia dengan produk-produknya yang minimalis alias di bawah standar. Bahkan sudah menjadi mindset kebanyakan orang bahwa produk-produk buatan China selalu identik dengan mudah rusak, imitasi, dan tidak sesuai dengan standar keamanan produk.

Sepanjang tahun belakangan telah ditemukan beberapa makanan palsu Made in China yang terbuat dari plastik dan sejumlah bahan kimia lain yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. NMalah baru-baru ini terbongkar juga kasus kecap murah dari China, yang ternyata bahan dasarnya terbuat dari rambut manusia.

Pembuatan kecap palsu tersebut melibatkan proses kimia melalui proses ekstraksi asam amino yang mirip dengan pembuatan saus kedelai yang dihidrolis. Mereka kemudian secara diam-diam mengekspor kecap tersebut ke negara-negara lain.

Kasus ini pertamakali mencuat setelah stasiun TV pemerintah China, the China Central Television (CCTV), menyiarkan keprihatinan masyarakat perihal kualitas kecap domestik buatan sebuah perusahaan kecil yang berada di Provinsi Hubei, China bagian tengah.

Seperti apa kelanjutan cerita kecap rambut manusia ini, selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.