Sukses

3 Alasan Kucing Begitu Menyukai Kotak

Pernahkah Anda bertanya, mengapa kucing sangat menyukai kotak? Ini ternyata alasannya.

Citizen6, Jakarta - Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa kucing sangat menyukai kotak? Sering kita dengar, meski sudah diberi tempat yang bagus, ternyata kucing lebih memilih kotak. Lalu, ada ikatan apa antara kucing dengan kotak sebenarnya? Apakah kotak hanya menjadi obsesi alami mereka? Beberapa penelitian mencoba mengungkap hal tersebut. Berikut tiga alasan mengapa kucing begitu menyukai kotak.

1. Ruang terbatas memberikan rasa aman

Dr Claudia Vinke dari Universitas Utrecht pernah bekerja sebagai praktisi hewan di pusat penyelamatan bagi kucing. Di sana, ia memperoleh temuan unik. Menurutnya, hewan yang beradaptasi dengan lingkungan baru memilih kotak sebagai tempat penampungan sementara selama periode adaptasi mereka. Kotak tersebut juga membantu mereka akrab dengan penghuni lama dan didekati manusia.

Di alam, kucing liar sering bersembunyi di gua, cekungan pohon, atau di antara cabang-cabang pohon. Kucing domestik yang tinggal di rumah akan mengikuti naluri alami tersebut dan lebih memilih kotak. Mencari tempat yang aman untuk menyembunyikan diri adalah strategi yang digunakan kucing untuk membantu mereka membiasakan diri dengan lingkungan yang asing maupun saat sedang stres.

2. Zona kenyamanan sebagai sarana menjauh dari masalah

Dalam buku yang berjudul The Domestic Cat: The Biology of its Behaviour, spesialis dari Institute for Applied Ethology and Animal Psychology, Swiss, membuat kesimpulan sebagai berikut:

Tidak seperti hewan lainnya, kucing memiliki strategi untuk menyelesaikan konflik dan lebih memilih untuk menghindari konfrontasi langsung dengan musuh.

Oleh karena itu, ketika kucing takut dengan sesuatu, ia melihat kotak sebagai zona nyaman, tempat bersembunyi dari semua masalah mereka. Dengan tidak adanya kotak, kucing akan menggunakan ruang terbatas lainnya yang menurut mereka menarik, seperti sepatu, tas belanja, karton telur, dan lain-lain.

3. Salah satu cara untuk tetap merasa hangat

Menurut data yang dikumpulkan oleh the National Research Council (NRC) pada 2006, kucing merasa paling nyaman pada suhu antara 30-36 derajat Celcius. Itulah mengapa mereka menyukai tempat-tempat hangat seperti radiator, tempat yang disinari cahaya matahari, serta kotak. Kardus yang paling disukai kucing, karena kardus memiliki kualitas isolasi panas yang baik.

 

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini