Sukses

Desa Ini Hanya Dihuni Seorang Pria dan Domba-dombanya

Ini menjadi desa yang hanya ditempati oleh satu orang saja

Citizen6, Tiongkok - Keberadaan sensus penduduk menunjukkan Negara Tiongkok memiliki penduduk lebih dari 1,3 miliar orang. Tentunya banyak orang membayangkan bahwa negara tersebut adalah negara yang padat dan sesak dengan orang-orang. Namun tidak bagi desa yang satu ini. 

Dilansir Shanghaiist.com, memang masih ada banyak lahan kosong di Tiongkok yang memungkinkan seorang bisa tinggal sendirian di sebuah desa yang sangat luas. Seperti yang dijalani oleh seorang pria bernama Liu Sheng Jia di Desa Xuen Shanshe, Provinsi Gansu, Tiongkok.

Ini menjadi desa yang hanya ditempati oleh satu orang saja, karena banyak tetangga Liu yang memutuskan untuk pindah tempat. Ini akibat kelangkaan sumber daya dan banyak pula yang beberapa sudah meninggal dunia. Kini, Liu Sheng Jia hidup sendirian yang hanya ditemani oleh domba peliharaannya.

Awalnya, Liu tinggal bersama ibunya. Kondisi ibunya yang sudah tua membuat Liu memilih untuk tetap tinggal dan merawat ibunya. Setelah ibunya meninggal, dia hanya hidup bersama domba peliharaannya. Hingga saat ini, Liu sudah terhitung hidup sendirian dalam desa tersebut hampir sekitar 10 tahun. Selama 10 tahun itulah,  Liu banyak menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk merawat domba-dombanya.

Hidup sendirian memang bukan hal yang mudah untuk Liu. Dampak kelangkaan sumber daya yang Liu rasakan sejak lama ini, terkadang membuat dirinya harus melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk mendapatkan air untuk membawanya ke rumah. Sementara untuk dapat membeli bahan makanan, Liu harus menempuh perjalanan bermil-mil. Karena itu Liu memilih untuk bertahan hidup dengan sumber makanan yang ada di sekitarnya.

Selama tinggal di Desa Xuen Shanshe, Liu mengaku senang dengan hidupnya yang damai bersama domba-dombanya. Walaupun sudah lama tinggal sendiri, kehidupan Liu tidaklah seprimitif seperti yang dibayangkan oleh sebagian orang.

Dalam rumahnya Liu memiliki tempat tidur, lampu, dan telepon genggam. Kendati demikian, jika ada yang mengajak Liu untuk pindah ke kota yang lebih padat Liu tidak menutup dirinya untuk pindah ke kota tersebut.

"Bertahan di sini bukan masalah bagi saya, tapi saya sebenarnya lebih suka pindah ke daerah yang lebih padat penduduknya. Ketika nanti tiba saatnya ada yang mengajakku," kata Liu.

 

Penulis

Christyana Caroline

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.