Sukses

Naik, Minat Pengguna Kereta pada Musim Liburan Ini

Pengguna kereta api, khususnya Commuter Line melonjak pada musim liburan minggu lalu. Bagaimana netizen menanggapi ini?

Citizen6, Jakarta Liburan panjang pada minggu pertama Mei 2016 berimbas pada peningkatan jumlah penumpang kereta api. Dalam rilis siaran pers yang disampaikan Manajer Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Eva Chairunnisa, pada momen libur panjang pekan ini terjadi peningkatan volume penumpang sekitar 10-15 persen dibandingkan pada hari libur biasa.

Normalnya jumlah pengguna jasa KRL pada akhir pekan berkisar 600 ribu - 630 ribu per hari. Namun libur panjang kali ini jumlah penumpang pada tanggal 5 dan 6 Mei 2016 kemarin meningkat hingga 700 ribu penumpang per hari.

Menyikapi lonjakan penumpang tersebut, penambahan personel juga dilakukan PT KCJ. Untuk personel petugas pengamanan, kebersihan, dan petugas pelayanan penumpang di stasiun (passanger service) jumlahnya ditambah hingga dua hingga tiga kali lipat dari jumlah normal.

Sebagai contoh di Stasiun Bogor jika pada hari biasa ditempatkan sekitar 14 petugas pengamanan maka pada musim libur kali ini PT KCJ menempatkan hingga 40 petugas pengamanan.

"Kami mengimbau, pengguna jasa untuk berhati-hati terhadap barang bawaan berharganya serta segera melaporkan kepada petugas apabila ada hal-hal yang mencurigakan," kata Eva Chairunnisa.

"Penumpang juga diimbau untuk tetap menjaga keselamatan dan keamanan dengan tidak terburu-buru saat akan naik dan turun KRL, serta mendahulukan penumpang turun terlebih dahulu. Bagi penumpang yang membawa anak kecil, PT KCJ juga mengimbau agar tidak melepas perhatiannya dari anak dan selalu dalam pengawasan," ungkapnya.

Ia melanjutkan, PT KCJ juga meminta seluruh pengguna jasa ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang baik di dalam KRL dan stasiun.

Reaksi Netizen 

Bagaimana reaksi netizen, khususnya warga Jakarta menghadapi imbas kenaikan penumpang ini? Berikut cuitan netizen melalui akun media sosial pada akhir pekan lalu.

Joko Susilo, melalui akun @sam_joko mengungkapkan kekesalannya tentang keterlambatan kedatangan rangkaian kereta. Keterlambatan ini ditengarai disebabkan oleh gangguan teknis persinyalan jalur kereta api.

Tak hanya Joko Susilo, Arman Dwi melalui akun ‏@armandwi118 ia mengeluhkan waktu tunggu kereta commuterline tujuan kota Bekasi. Cuitannya bersambut oleh akun resmi Info Commuter Line dengan akun @CommuterLine

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.