Sukses

Benahi Sampah Hanya dengan Harga Rp 200

Program uji coba kantong plastik seharga Rp 200 telah terlaksana selama tiga bulan terakhir.

Citizen6, Jakarta - Program uji coba kantong plastik seharga Rp 200 telah terlaksana selama tiga bulan terakhir. Gerakan ini rupanya berawal dari ide seorang pria yang gemes dengan gunung dan lautan sampah di Indonesia. Pria tersebut dikenal dengan nama Muhammad Bijaksana Junerosano yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) dari Greenaration Indonesia.

Beliau yang menjadi pengisi inspiratif dalam program INSPIRATO pada Selasa (10/5), telah membuat para penonton, khususnya mahasiswa peserta Media Campus Batch 3 terkejut dan membulatkan mulut tentang dirinya yang ternyata adalah dalang dari ujicoba itu.

Pria yang dijuluki “Pemulung Berdasi” itu mengatakan, kegemasannya terhadap sampah plastik yang tak terkendali juga dipengaruhi atas penolakan proposal skripsinya ketika kuliah.

Lewat yayasan Greenaration Indonesia, Pemulung Berdasi itu telah membuat banyak gebrakan dalam pengelolaan sampah secara bijak. Namun, gerakan yang telah banyak dia dan timnya gebrakan belumlah berakhir.

Program uji coba kantong plastik seharga 200 rupiah telah terlaksana selama tiga bulan terakhir.

Masih banyak tugas yang harus digarap secara Ujicoba kantok plastik berbayar yang dilaksanakan di 17 kota seluruh Indonesia tersebut memiliki banyak komentar dari para masyarakat. Pasalnya hanya dengan harga Rp 200, tidak mempengaruhi masyarakat untuk membawa tas belanja sendiri dan menganggap harga tersebut teramat murah.

Komentar tentang harga yang tidak berpengaruh dan malasnya masyarakat membawa tas belanja sendiri, telah menjadi template yang biasa didengar pria asal Banyuwangi tadi.

Harga Rp 200 merupakan ujicoba tentang respon dan kesuksesan program diet plastic tersebut hingga juli mendatang. Namun, harga tersebut memiliki pengaruh luar biasa untuk mendukung masalah sampah dan lingkungan yang semakin mengancam, ujar pria bertopi caping saat mengisi INSPIRATO di SCTV Tower itu.

Penulis:

Hikmawati

Mahasiswi UIN Jakarta Semester 4 Jur. Komunikasi dan Penyiaran Islam

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.