Sukses

Fakta Baru, Ilmuwan Temukan Perilaku Gorila Lesbian

Para ahli primata menemukan temuan mengejutkan yakni aktivitas seksual antara dua gorila betina alias lesbian

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan kembali menemukan temuan unik. Kali ini, para ahli primata di negeri Kanguru itu berhasil mendokumentasikan dua gorila berjenis kelamin betina yang memadu kasih. Perilaku lesbian di dunia hewan ini baru pertama kalinya terdokumentasi.

Ahli primata dari University of Western, Dr Cyril Grueter telah meneliti pola makan dari gorila di Rwanda saat ia membuat penemuan yang menakjubkan.

"Alih-alih melihat agresi antara betina atas makanan, kami justru melihat mereka terlibat dalam perilaku seksual yang cukup mengejutkan," kata Dr Grueter seperti dikutip dari Daily Mail Australia, Jumat (20/05/2016).

Melalui pengamatan harian yang ketat selama dua tahun, Dr Grueter mendapatkan bahwa mayoritas gorila betina akan saling bergantian untuk memberi stimulasi seksual ketika ditolak oleh gorila jantan. Bagi Grueter, gorila-gorila betina itu jelas merasakan kenikmatan satu sama lain dari aktivitas seksual janggal tersebut.

"Gorila terkait erat dengan manusia. Karenanya kami pikir dengan melihat perilaku ini kita bisa belajar lebih banyak tentang evolusi kita sendiri."

Dari 22 gorila betina yang diteliti selama rentang tahun 2008-2010, 18 terlibat dalam aktivitas seksual dengan perempuan lain, termasuk menggosok genital, kedekatan genital, dan panggilan kawin selama hubungan seksual.

"Ini biasanya terjadi saat dua betina saling berdekatan, menggosok perut dan alat kelamin mereka bersama-sama dan menunjukkan ekspresi keintiman seksual."

Grueter juga menjelaskan bahwa perilaku gorila betina tampaknya murni termotivasi oleh gairah seksual daripada daya tarik. Hal ini menunjukkan fleksibilitas preferensi seksual mereka. Ia juga mengamati bahwa betina yang melakukan hubungan sesama jenis sering mencari privasi.

"Kesimpulan utama kami adalah bahwa itu murni perilaku seksual. Belum tentu mereka memiliki orientasi seks sesama jenis. Itu murni perilaku seksual."

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini