Sukses

Pepper, Robot Pintar Pertama yang Bekerja di Rumah Sakit

Pepper menjadi robot pertama 'diperkerjakan' di bidang kesehatan setelah robot-robot lain dikerahkan di pusat, bank, dan stasiun kereta api.

Liputan6.com, Jakarta Pepper, robot yang dirancang agar memiliki 'hati' sehingga mampu membaca emosi, mengenali nada suara, serta ekspresi wajah kini memiliki pekerjaan baru. Pepper menjadi robot pertama 'diperkerjakan' di bidang kesehatan setelah robot-robot lain sejawatnya dikerahkan di pusat perbelanjaan, bank, dan stasiun kereta api.

Di rumah sakit CHR Citadelle di kota Liege Belgia, Pepper akan bekerja di bagian resepsionis. Sementara di rumah sakit AZ Damiaan kota Ostend, Pepper akan mengantar pengunjung sampai ke departemen perawatan yang dituju.

Dilansir dari BBC, Rabu, (15/6/2016), kedua robot Pepper akan menggantikan kerja robot Nao. Kedua rumah sakit di Belgia ini sebelumnya menggunakan robot Nao yang berukuran lebih kecil dari Pepper. Robot pintar Neo juga dibuat oleh perusahaan Softhbank. Nao ditempatkan di bangsal anak-anak dan orang-orang lanjut usia.

Diketahui, kemampuan Pepper melebihi kemapuan Nao. Dengan dukungan kamera array, sensor sentuh, accelerometer, dan sensor lainnya, Pepper mampu membaca emosi pengunjung dan pasien rumah sakit. Pepper yang diproduksi oleh Softbank dirancang khusus dengan perangkat lunak dari perusahaan Belgia, Zora Botts.

Di rumah sakit CHR Citadelle, Pepper dilengkapi perangkat lunak khusus sehingga dapat membuka pintu masuk ke meja resepsionis bila Pepper sedang bertugas.

Simak kemampuan Pepper di artikel dan video dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Wah, Pulau Ini Khusus Untuk Pasangan Selingkuh

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.