Sukses

Memukau, Patung-patung Pasir Ciptaan Para Maestro

Membuat patung dengan media kayu tentunya itu sudah biasa. Yang menarik itu ialah membuat patung dari pasir.

Liputan6.com, Jakarta Membuat patung dengan media kayu tentunya itu sudah biasa. Yang menarik itu ialah membuat patung dari pasir. Wah, bagaimana bisa, ya?

Adalah Weston Sand Sculpture Festival yang digelar di pantai Weston Super-mare Inggris. Di sini dipamerkan patung-patung dari pasir dalam ukuran-ukuran besar.

Bagaimana mungkin butiran pasir bisa dibentuk menjadi patung? mengingat sifatnya bila ditumpuk yang mudah hancur?

Ternyata, untuk membuat patung-patung pasir tersebut ada tekniknya. Hal inipun dipamerkan dan dijelaskan bagaimana teknik pembuatan patung-patung pasir ini dibuat hingga kokoh berdiri. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pertama, dudukan dasar sebuah patung dibuat padat dengan menggunakan cetakan kayu dan sebuah alat untuk memadatkannya.

Setelah benar-benar padat, naik ke bagian atasnya dengan proses yang sama. Jadi kekuatan dasar agar patung-pantung pasir itu tidak rapuh terletak pada dasar desainnya yang harus kokoh dan padat.

Cetakan patung disesuaikan dengan bentuk keseluruhan patungnya. Barulah diberi sentuhan akhir sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.

Selengkapnya

Penuls:

Rosi Meilani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.