Sukses

6 Desain Paspor Anti-Mainstream dari Berbagai Negara

Tak hanya sebagai dokumen negara, paspor-paspor ini berhiaskan lukisan cantik sebagai pengaman dokumen identitas dari pemilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai dokumen resmi sebuah negara, paspor umumnya memuat identitas pemegangnya dan berlaku sebagai identitas pemiliknya untuk melakukan perjalanan antarnegara.

Namun bukan hanya sekadar buku identitas dokumen resmi biasa, paspor-paspor sejumlah negara ini memilik sentuhan seni indah. Tak hanya penghias buku paspor, beberapa lukisan dilengkapi dengan permainan warna sinar ultraviolet.

Ketika terang paspor ini terlihat seperti paspor biasa, tapi dalam keadaan gelap paspor ini akan memunculkan aneka warna dan cahaya yang tak biasa dan sangat cantik.

Seperti apa kerennya paspor yang berhiaskan sentuhan seni ini, berikut ulasannya.

1. Tangga Nada Tersembunyi di Paspor Hungaria

Menggunakan warna merah anggur dan emas warna klasik Eropa, paspor Hungaria terlihat nyaman dilihat. Keindahan tersembunyi salah satu paspor yang paling indah di dunia ini hanya dapat dilihat di bawah sinar ultraviolet.

Tersembunyi dalam laman visa terdapat lembaran musik untuk Szózat, salah satu dari dua lagu kebangsaan Hungaria. Tercantum juga lirik delapan baris pertama lagu kebangsaan Szózat.

2. Lukisan Kembang Api di Paspor Kanada

Di laman paspor Kanada tersembunyi lukisan bangunan bersejarah, tokoh-tokoh terkenal, air terjun, dan daun maple. Seperti halnya paspor Hungaria, lukisan-lukisan ini hanya muncul di bawah sinar ultraviolet.

Kanada menggunakan beberapa lukisan tanda air rahasia yang dicantumkan di paspor, mulai dari kembang api, angsa, daun trippy, pola melingkar, dan banyak lagi. Tanda air yang tersembunyi ini berfungsi sebagai keamanan untuk menyingkirkan paspor palsu.

Tak hanya Hongaria dan Kanada, paspor Republik Indonesia dengan disain baru berwarna hijau muda kebiru–biruan (toscha) dengan logo garuda keemasan pun masuk di deretan paspor keren yang dirilis RiseFeed. Simak paspor-paspor keren dari berbagai negara lainnya dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Perempuan Ini Rela Lucuti Pakaiannya Demi Sebuah iPhone 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.