Sukses

5 Asal-Usul Nama Kota di Indonesia yang Asyik Dibahas

Kota-kota di Indonesia punya sejarah panjang yang unik. Beberapa menghasilkan nama kota yang kita kenal sampai saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Kota-kota di Indonesia punya sejarah panjang yang unik. Beberapa diantaranya menghasilkan nama kota yang kita kenal sampai saat ini, ayok lah kita bahas lagi beberapa nama kota yang paling unik dan punya sejarah yang menarik!

Balikpapan

Sebuah kota yang sangat berkembang dan menjadi rival sekaligus sahabat dengan Kota Samarinda. Sekilas nama Balikpapan membuat kita membayangkan orang yang bersembunyi di balik sebuah papan. Ternyata asal-usul namanya lebih seru dari itu. Sebenarnya ada beberapa versi, tapi kita ambil aja yang paling epik: insiden kapal terbalik.

Jadi Putri Aji Tatin sang penguasa teluk memerintahkan anak buahnya membawa upeti rakyat yang berupa papan kayu via jalur laut. Sejumlah orang kepercayaannya melaksanakan misi tersebut. Sayangnya begitu sudah mau sampai ombak yang sangat besar menerjang kapal tersebut hingga terbalik dan menghabisi semua nyawa yang ada di situ. Yang tersisa hanyalah beberapa papan hasil upeti yang terdampar di ujung teluk. Dari balik papan-papan tersebut ada beberapa mayat para anak buah kapal. Dengan sedih hati Putri Aji Tatin lalu menamai daerah tersebut dengan nama Balikpapan agar peristiwa tersebut terus dikenang. Epik, kan?

Masih ada banyak lagi kota yang akan kita bahas, silakan baca tautannya di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini