Sukses

Bayi dari Embrio yang Dibekukan 18 Tahun Lahir dengan Selamat

Seorang perempuan Tiongkok yang telah selamat melahirkan bayi pertamanya dari embrio yang dibekukan selama 18 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bayi perempuan baru-baru ini lahir dengan selamat dari embrio yang dibekukan selama 18 tahun lalu di sebuah rumah sakit di Shanghai, Tiongkok.

Sang ibu yang berusia 45 tahun telah berhasil melahirkan bayinya dengan berat 3,3 kilogram di provinsi Jiangsu. Dilansir en.people, Sabtu (2/7/2016), embrio tersebut memang telah ditanamkan ke dalam rahimnya pada November 2015 di Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Universitas Fudan di Shanghai.

Perempuan itu memang mengalami saluran tuba yang tersumbat dan mulai mencoba hamil melalui In Vitro Fertilization (IVF) pada tahun 1998. Setelah gagal dalam tiga implantasi, ia mencoba dengan implan embrio segar dan dua yang beku sambil menunggu beberapa waktu untuk mencoba lagi.

Awal tahun 2015, ia kembali ke rumah sakit untuk mencoba lagi. Dokter yang menanganinya menemukan bahwa ia mengalami hydrosalpinx dan endometrium tipis. Kemudian ia memutuskan untuk melakukan operasi sehingga bisa menanamkan embrio dalam rahimnya.

Sebelumnya, embrio beku tersebut disimpan dalam nitrogen cair pada suhu minus 196 derajat Celcius. Departemen kesehatan Shanghai pada 2013 menuturkan, kehidupan penyimpanan untuk embrio beku harus disimpan dalam waktu lima tahun.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini