Sukses

Tak Harus Dibuang, Berikut Tujuh Manfaat Ampas Kopi

Tak harus berakhir di tempat sampah, ampas kopi memiliki beragam manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Penikmat minum kopi panas atau dingin, pasti mengetahui ampas bubuk kopi setelah diseduh menjadi barang terakhir yang tersisa. Bak tanah, ampas kopi berakhir menjadi sampah.

Namun, ampas kopi ternyata memilik banyak manfaat. Begitu merasakan manfaat dari ampas biji-biji kopi, Anda tak akan lagi membiarkan ampas kopi menjadi benda yang masuk ke tong sampah.

Berikut delapan manfaat ampas kopi, yang dilansir dari Food and Wine, Sabtu (30/7/2016) :

1. Ampas kopi disulap jadi cangkir memukau

Julian Lechner, desainer berkebangsaan Jerman ini sukses menyulap ampas kopi menjadi berbagai model cangkir yang dapat digunakan kembali untuk meminum kopi.

"Saya mulai mendaur ulang bubuk kopi di Italia dan bekerja menggunakan proses injection-molding untuk mendaur ulang ampas dengan menambahkan bahan terbarukan lainnya seperti biji-bijian dan lem alami," ujarnya. Simak ampas kopi yang disulap menjadi cangkir memukau dengan mengeklik tautan ini.

2. Menghilangkan bau bawang 

Setelah mengupas dan mengiris bawang merah dan bawang putih, aroma khasnya sulit hilang dari tangan. Ampas kopi dapat digunakan untuk menghilangkan aroma bawang yang menyengat. Bila ampas kopi tak tersedia, bubuk kopi kering pun memiliki manfaat yang sama.

Simak manfaat dari ampas kopi lainnya dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.