Sukses

Wisata Sejarah sambil “Selfie Yuk” di Keraton Ratu Boko

Bicara soal Yogyakarta memang tidak bisa lepas dari obyek wisata yang beraneka ragam, di antaranya Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal Yogyakarta memang tidak bisa lepas dari obyek wisata yang beraneka ragam. Ya, daerah yang diistimewakan ini tak bosan-bosannya menawarkan keindahan alam serta fenomena sejarah yang selalu menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kali ini, Sheila Baladraf mengunjungi obyek wisata di Yogyakarta yang terkenal akan sejarahnya, yaitu Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko.

Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu terbesar dan tertinggi di Indonesia. Candi yang terkenal dengan cerita Roro Jonggrang-nya itu memiliki tinggi 47 meter. Dibangun sekitar abad ke-9, candi ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh UNESCO. Konon, candi tersebut didirikan sebagai bentuk persembahan kepada tiga dewa besar agama Hindu, yaitu Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta, Dewa Wishnu sebagai Dewa Pemelihara, dan Dewa Syiwa sebagai Dewa Perusak.

Wisata Sejarah sambil “Selfie Yuk” di Keraton Ratu Boko

Tak hanya sejarahnya yang menarik, kompleks Candi Prambanan juga merupakan obyek wisata yang asyik juga untuk dijadikan tempat berburu spot selfie. Anda bisa ber-selfie dengan candi induk, candi pendamping, dan juga dengan arca atau patung yang ada di kompleks candi ini. Salah satunya adalah patung Dewi Durga. Konon katanya, apabila Anda memegang bagian atas dan perutnya, keinginan Anda akan tercapai. Menarik juga ya selfie dengan patung yang sarat akan mitos tersebut. Tak lupa Sheila pun ber-selfie dengan patung Dewi Durga.

Obyek wisata berikutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Keraton Ratu Boko. Obyek wisata ini diperkirakan berdiri pada abad ke-8. Tempat ini umumnya dikenal sebagai candi. Namun demikian, diduga kuat bahwa dahulu tempat ini adalah istana raja. Adanya gerbang utama, paseban (tempat menghadap raja), pendopo (teras), dan keputren (tempat mandi raja dan para wanita) menjadi bukti kuat bahwa kompleks Ratu Boko bukanlah sekadar candi, melainkan juga istana atau keraton.

Berada di ketinggian 196 meter, keraton ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah nan asri, sangat cocok untuk dijadikan obyek berburu spot selfie. Dari kawasan keraton tersebut, Anda bisa menikmati sunset dari ketinggian. Wah, pasti seru ya. Ingin tahu bagaimana Sheila berwisata sejarah sambil ber-selfie ria? Jangan lupa saksikan Selfie Yuk di Fokus Akhir Pekan, Sabtu pukul 15.00 WIB hanya di Indosiar.

Penulis:

Dedy Zebua

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.