Sukses

Nutrifood Leadership Award, Jelajah Pedalaman Menjadi Pemimpin

Melalui program ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan karakter kepemimpinan dengan menjelajah pedalaman dan bertemu dengan penduduk.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyeleksi ribuan peserta melalui beberapa tahapan audisi, Nutrifood telah memilih 10 Awardees yang berhak mengikuti rangkaian kegiatan karantina sejak 3 November lalu, untuk dapat melakukan jelajah inspirasi di daerah yang mereka inginkan. 

Ke-10 Awardees ini dibagi menjadi dua kelompok besar, di mana masing-masing kelompok berkesempatan mengunjungi Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Belitung, dan suku Boti di Nusa Tenggara Timur, agar mereka dapat mempelajari kearifan lokal yang berkaitan dengan kepemimpinan, sekaligus melakukan kontribusi sosial.

Kelompok kedua, yang terdiri atas Audy Fathia Indramulya, Andhika Priotomo, Bobby Tandanajaya, Sarah Lucia, dan Nanda Puji Nugroho, berhasil meraih award Inspiring Group, karena inisiasi program yang mereka lakukan mampu memberikan dampak fungsional pada penduduknya, serta adanya nilai pembelajaran yang lebih optimal terhadap kearifan lokal penduduk sekitar.

“Selama tiga hari berada di Desa Tanjung Binga, kami berupaya mengenalkan potensi Eco-Tourism, untuk dapat mewujudkan Desa Tanjung Binga sebagai destinasi pesisir yang nyaman, khas, dan berbudaya," tutur Melody Grace dari Universitas Sanata Darma.

"Kami melakukan edukasi lingkungan sejak dini kepada para anak-anak melalui metode Kartu Kwartet yang menarik dan informatif. Selain itu, kami pun menginisiasi lokasi dan melakukan pengecatan spot “gembok cinta” di pantai Tanjung Binga agar memberikan daya tarik kampung nelayan dengan kondisi daerah yang terlihat indah," tambah Irfanda Odytia dari Institut Teknologi Sepuluh November.

Nutrifood Leadership Award 2016 

Ke-10 mahasiswa ini berhak menerima apresiasi atas kontribusi yang telah mereka lakukan pada komunitasnya dengan kemampuan leadership mereka yang inspiratif. Ajang Nutrifood Leadership Award 2016 memberi kesempatan untuk para Awardees dalam mendapatkan keluarga baru, memperluas networking, dan membuka kesempatan kolaborasi satu sama lain.

Pada acara awarding ini, hadir pula Anto Motulz –travel sketcher, sebagai sosok yang memiliki hobi travelling dan telah merasakan manfaat dari hobinya tersebut, khususnya dalam pengembangan karakter seorang pemimpin.

"Saat mengenal warga lokal, saya juga banyak belajar tentang kepekaan sosial, yang tentu menjadi kriteria penting bagi seorang pemimpin. Indonesia sudah memasuki kondisi Masyarakat Ekonomi ASEAN, sehingga mereka yang bertahan adalah mereka yang memahami root culture, agar tidak dapat tergantikan dengan pekerja-pekerja dari negara lain," kata Anto.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini