Sukses

Tanamkan Rasa Cinta Museum, UNS Solo Gelar Museum Goes to Campus

Universitas Sebelas Maret (UNS) tanamkan cinta terhadap museum dengan gelar acara Museum Goes to Campus (MGtC) 2016.

Liputan6.com, Solo Untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda akan museum, Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar acara Museum Goes to Campus (MGtC) 2016 yang bertajuk “Menjaga Memori Kolektif Bangsa”. Acara MGtC merupakan kegiatan yang dimotori oleh Program Studi Ilmu Sejarah FIB.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 8 - 13 November 2016 di Auditorium UNS dan selama enam hari akan dibuka gratis untuk umum mulai pukul 9.00-17.00 WIB. Ada sekitar 22 museum dan lembaga yang menjadi peserta yang berasal dari Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Sragen, Blitar, Sukoharjo, dan Surakarta.

Sekarang ini museum kurang dinikmati oleh masyarakat luas. Padahal, museum memiliki peran penting dalam mengungkap jejak-jejak perjalanan suatu bangsa. Manusia yang hidup saat ini tidak akan bisa melihat sejarah perkembangan generasi pendahulu tanpa ada sisa bukti peninggalannya.

Tujuan acara ini agar generasi sekarang dan mendatang dapat pemahaman akan pentingnya museum dan mempelajari sejarah yang ada, ditambah masyarakat mau menyempatkan waktu pergi ke museum tiap minggunya.

“Kita juga harus mampu memberikan wacana kepada publik tentang pentingnya arti museum terhadap peradaban suatu bangsa,” ujar Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo saat membuka acara.

Selain itu, dalam pembukaan juga hadir DirekturPermuseuman dan Pelestarian Cagar Budaya,HarryWidianto yang menyampaikan bahwa museum merupakan indikator kemajuan peradaban sebuah bangsa. Selain itu, dalam pembukaannya ia mengutip sejarawan berkebangsaan Inggris,RichardFord yaitu bahwa kualitas masyarakat dapat dilihat dari kualitas museum. Dengan penjelasan tersebut museum memiliki peran penting bagi masyarakat luas. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Gadis Ini Seperti Vampir Terbakar Jika Terkena Sinar Matahari. Yuk, berbagi di Forum Liputan6. 

Penulis:

Febri Seftian Ramadhan N - Universitas Bung Karno

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.