Sukses

Ngeri, Ini 6 Foto Dramatis Pemanasan Global di Bumi

Pemanasan global yang semakin mengkhawatirkan. Berikut merupakan sejumlah bukti fotonya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemanasan global yang terjadi selama bertahun-tahun memang membuat Bumi kita semakin lama berubah. Salah satunya ditandai dengan perubahan ekstrem pada iklim.

Untuk menunjukkan perubahan tersebut, berikut ini merupakan sejumlah foto yang manampilkan perubahan iklim yang terjadi secara dramatis akibat efek pemanasan global. Foto-foto ini dimabil oleh para fotografer National Geographic dari banyak negara.

1. Gua es di Iceland.

Credit: Tom Schifanella, National Geographic Your Shot via Mashable.com

Gletser Svinafellsjokull memiliki gua es yang semakin lama semakin membesar akibat pemanasan global. Sebagian besar gletser di daerah Iceland telah menyurut sebesar 12 persen dari bentuk aslinya sejak tahun 2000

2. Beruang kutub yang masuk ke wilayah pemukiman manusia.

Credit: Vladmir Melnik, National Geograhic Your Shot via Mashable.com

Tidak biasanya beruang kutub masuk ke dalam pemukiman manusia. Hal ini disebabkan karena wilayah es semakin lama cair dan membuat mereka kehilangan tempat tinggal. Foto berikut diambil dalam wilayah Kepulauan Franz Joseph di bagian utara Rusia. Beruang ini berusaha untuk memasuki wilayah pemukiman dan dicegat oleh anjing-anjing tersebut.

3. Musim kemarau di India

Source: Ujjal Das, National Geographic Your Shot via Mashable.com

Retakan tanah pada kolam air berada di distrik Puruliya Barat Bengal, India. Hal ini terjadi karena wilayah mereka mengalami musim kemarau yang ekstrem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Menyurutnya air danau

Gambar ini menunjukkan air di danau Pegunungan Sierra Nevada California yang mengalami kekeringan parah. Seorang pria memancing di tengah-tengah keringnya air danau.

5. Banjir air laut

Source: Arka Dutta, National Gegraphic Your Shot via Mashable.com

Foto ini menunjukkan banjir air laut pada kepulauan Mousuni di teluk Bengal, India. Diketahui bahwa efek dari pemanasan global membuat ketinggian air laut semakin meningkat dan mengancam para penduduk untuk meninggalkan rumah mereka.

6. Gundulnya hutan

Source: Mohamad Ali Najib, National Geographic Your Shot via Mashable.com

Penyebab pemanasan global juga disebabkan karena penggundulan hutan. Foto ini diambil di negara Iran dimana hutan mereka 30% telah menjadi gundul.

(Ai/Ul)

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.