Sukses

7 Penyakit yang Dianggap Bermanfaat Bagi Penderitanya

Beberapa kelainan penyakit ada yang dianggap bermanfaat bagi pengidapnya.

Citizen6, Jakarta Penyakit memengaruhi tubuh dan pikiran yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan tidak berfungsinya sistem tubuh. Hampir sebagian besar penyakit merugikan penderitanya, terutama kerusakan tubuh dan pikiran.

Namun, ada beberapa penyakit dianggap bermanfaat bagi pengidapnya.

  • Kelainan Hyperthymesia

Kondisi ini bisa membawa keuntungan bagi penderita. Hyperthymesia adalah gangguan neuropsikologi yang sangat jarang ‘menganugerahkan’ penderitanya kapasitas memori yang luar biasa. Kondisi tersebut memengaruhi dua area otak yang mengendalikan kapasitas memori dan pembentukan, yaitu Caudate Nucleus dan Lobus Temporal.

Forum Liputan6

Caudate Nucleus berperan menyimpan memori yang tidak dipikirkan, sedangkan Lobus Temporal bertanggungjawab menyimpan tanggal, fakta atau kejadian yang dipilih untuk diingat. Kondisi ini bisa menjadi beban karena penderita tidak memiliki pilihan, apa yang perlu dan tidak perlu diingat. Tetapi penyakit ini membuat kamu mengingat semua hal.

  • Gangguan Savant Syndrome (Sindrom Savant)

Sindrom Savant, suatu kondisi langka orang dengan gangguan perkembangan saraf, autisme terutama cedera otak. Indikasi ditunjukkan kapasitas yang mendalam dan luar biasa melebihi dari yang dianggap normal.

Forum Liputan6

Pada umumnya, kapasitas mental penderita berada di tingkat yang mengagumkan. Proses sindrom Savant terjadi belum ditemukan oleh para ilmuwan tapi diyakini salah satu sisi otak hancur oleh kondisi tertentu. Hal yang mengejutkan, sindrom Savant bisa membuat otak pengidapnya menjadi sangat jenius.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini