Sukses

Mahasiswa RI Diundang ke Balai Kota Nanchang

Dalam dialog interaktif tersebut, para mahasiswa PPI Tiongkok cabang Nanchang menyampaikan kesan, pesan dan saran.

Citizen6, Nanchang Masih dalam suasana tahun baru imlek, 20 mahasiswa perwakilan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok cabang Nanchang diundang oleh Foreign Affairs & Overseas Chinese Affairs Office of Nanchang untuk beramah tamah. Pagi itu, pukul 09.30 waktu setempat, bertempat di Balai Kota Kota Nanchang, Huang Xiaoyan, Direktur Foreign Affairs Office beserta tiga stafnya menyambut mahasiswa PPI Tiongkok cabang Nanchang dengan ramah.

Acara ramah tamah hari itu diawali dengan sambutan dari Mrs Huang. Pada sambutannya, Mrs Huang menyampaikan ucapan selamat tahun baru Imlek dan berharap semoga mahasiswa Indonesia dapat beradaptasi dengan baik di Kota Nanchang. Selain itu, Mrs Huang juga membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia sebagai perwakilan mahasiswa internasional untuk memberikan saran dan pendapat mengenai Kota Nanchang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua PPI Tiongkok cabang Nanchang, Sitti Marwah. Sitti Marwah mengucapkan terima kasih atas undangan pemerintah Kota Nanchang dan juga melaporkan kondisi terkini mahasiswa Indonesia di kota Nanchang, yang mana mulai terjadi peningkatan jumlah dan penyebaran lokasi. Pada tahun ini terdapat 69 orang mahasiswa PPI Tiongkok cabang Nanchang yang tersebar di empat kampus berbeda.

Setelah sambutan dari dua belah pihak, berlangsung dialog interaktif antara foreign affairs Kota Nanchang dan mahasiswa PPI. Dalam dialog interaktif tersebut, para mahasiswa PPI Tiongkok cabang Nanchang menyampaikan kesan, pesan dan saran tentang beberapa hal di kota Nanchang.

Dalam dialoginteraktif tersebut, para mahasiswa PPI Tiongkok cabang Nanchang menyampaikan
kesan, pesan dan saran tentang beberapa hal.

Bina Izzatu Dini dari Kampus Jiangxi Normal University menyampaikan apresiasi mengenai kereta bawah tanah yang mulai beroperasi pada akhir tahun 2015 kemarin. “Beroperasinya kereta bawah tanah sangat memudahkan mobilisasi kami sebagai mahasiswa”, tutur Bina. Beberapa saran dan ide lain mengenai kesempatan karier, pertukaran budaya, dan kegiatan bakti sosial mahasiswa internasional juga berhasil dijaring dalam diskusi tersebut.

Dialog interaktif selesai sekitar pukul 11.00 waktu setempat dan dilanjutkan dengan pembagian angpao dari pemerintah kota Nanchang, sambil Mrs Huang menjelaskan bahwa membagikan angpao merupakan salah satu kultur masyarakat Tiongkok di kala imlek. Selanjutnya, acara ditutup dengan foto bersama.

Tahun ini merupakan tahun kedua PPI Tiongkok cabang Nanchang menerima undangan dari Foreign Affair Office kota Nanchang. Nanchang sendiri adalah ibu kota Provinsi Jiangxi yang berlokasi di bagian tenggara Tiongkok.

Dibandingkan dengan Beijing, Shanghai, maupun Guangzhou, Kota Nanchang bisa dibilang masih kalah berkembang. Namun menurut Huang Xiaoyan, kini pemerintah kota Nanchang sedang berusaha untuk mengejar kemajuan pembangunan kotanya.

Penulis: Bina Izzatu Dini

Mahasiswa Jiangxi Normal University, wakil sekretaris PPI Tiongkok cabang Nanchang

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.