Sukses

Workshop Blogging Ajak Blogger Menjadi Pemelihara Bahasa

Blogger ikut berperan sebagai pemelihara bahasa. Hal ini menjadi topik bahasan seru dalam community meet up (temu komunitas).

Citizen6, Jakarta Community Meet Up (temu komunitas) Forum Liputan.com kembali digelar pada Sabtu (20/2/2016). Kali ini berkolaborasi dengan komunitas BloggerCrony dan LSM SatuDunia. Kegiatan inisiasi BloggerCrony bertajuk BloggerHangout berupa workshop blogging (pelatihan blogging) bertemakan “Cara Elegan Menulis Blog Review."

Blogger sebagai warga yang dapat menyampaikan pikiran, pendapat, dan testimoni melalui tulisan semakin dilirik publik. Mereka dianggap pembawa pesan. Untuk itu, blogger perlu membekali dirinya dengan informasi yang benar agar tak menyesatkan pembaca.

Namun, bukan hanya informasi akurat yang menjadi bekalnya, melainkan cara blogger menyampaikan pesan dengan bahasa efektif dinilai pentingnya. Tujuannya pembaca memahami makna yang ditulis oleh blogger. Gaya tulisan boleh saja berbeda. Setiap blogger mempunyai ciri khas beragam.

Pemateri workshop blogging, Anwari Natari atau akrab disapa Away, memaparkan topik bahasa. Bahasa adalah senjata utama blogger dalam menulis, termasuk blog review. Away, pengajar bahasa, alumni Universitas Indonesia menggali kembali rasa bahasa dan logika bahasa.

Blogger berperan menyampaikan pesan lewat tulisan. Pelatihan blogging yang berlangsung selama 2,5 jam membuka wawasan blogger untuk meningkatkan kualitas tulisannya.

Forum Liputan6

Workshop tujuannya membuka wawasan, memberikan pengetahuan bukan keterampilan, dengan waktu yang terbatas,” kata Away usai kegiatan.

Ia berharap blogger mempraktikkan pengetahuan bahasa yang diperoleh dari workshop blogging, bukan sekadar meningkatkan kualitas konten blog-nya. Blogger ikut berperan sebagai pemelihara bahasa, terutama rajin mempraktikkan pemakaian tanda baca yang tepat.

Keterampilan mengolah dan memilih perlu tersampaikan efektif dan mudah ditangkap oleh pembaca, bahkan membekas di benak pembaca. Jika keterampilan mengolah kata sudah mahir, maka blogger dinilai mampu menghasilkan tulisan yang elegan, yakni tulisan yang melayani pembaca.

Forum Liputan6

Workshop berlangsung efektif. Antusiasme 16 peserta yang hadir sangat tinggi. Gaya Away menyampaikan materi diselingi canda juga membuat workshop semakin menarik. Harapan peserta blogger yang termasuk anggota komunitas BloggerCrony dapat “naik kelas” dengan konten lebih berkualitas. Blogger dengan konten blog berkualitas menjadi pemelihara bahasa yang dapat menularkan virus menulis blog secara kredibel.

Penulis:

Wardah Fajri (Founder Komunitas BloggerCrony)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini