Sukses

Terungkap Fakta, Misteri Pesawat Tenggelam di Google Earth

Pengguna internet bahkan meminta pihak berwenang menyelidiki foto pesawat yang tenggelam di dasar danau tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Google Earth membuat geger pengguna internet lantaran menampilkan foto penampakan pesawat tenggelam di dasar air, tepatnya di Danau Herriet, Minneapolis, Amerika Serikat. Dalam foto yang diambil dari citra satelit Google, tampak foto pesawat bermesin ganda tenggelam di dasar danau.

Pengguna internet bahkan meminta pihak berwenang menyelidiki foto pesawat yang tenggelam di dasar danau tersebut.

Dilansir dari Mirror.co.uk, kejadian itu juga menyebabkan kebingungan di antara pejabat dan pengelola Taman Minneapollis. Otoritas terkait menyebut tidak memiliki catatan adanya kecelakaan pesawat di daerah itu. Mereka juga tidak tahu dari mana berita kecelakaan pesawat itu berasal.

Juru Bicara Google Earth, Susan Cadrecha mengungkapkan, gambar pesawat tenggelam sebenarnya merupakan penyatuan dua citra yang menghasilkan gambar baru. Foto danau dan bayangan pesawat yang sedang melintas terekam secara bersamaan oleh Google Earth.

"Singkatnya, setiap gambar satelit yang Anda lihat di peta sebenarnya adalah susunan dari beberapa gambar. Objek bergerak cepat seperti pesawat seringkali terekam sekali di antara banyak gambar yang kita gunakan untuk daerah tertentu," kata Susan.

Keterangan itu dianggap masuk akal, lantaran Danau Harriet berada tepat di jalur penerbangan yang sibuk. Mirror memberitakan, lebih dari 400 ribu pesawat hilir mudik di Bandara St Paul di Minneapolis setiap tahunnya.

(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini