Sukses

Tak Hanya GMT, Ini Jadwal Fenomena Alam Paling Ditunggu di 2016

Misalnya saja fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi 32 tahun sekali.

Citizen6 Jakarta - Menyaksikan fenomena alam langka mempunyai nilai tersendiri. Apalagi di zaman internet seperti ini. Bisa mengabadikan fenomena langka dan membagikannya di dunia maya dapat mengukuhkan eksistensi diri. Misalnya saja fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi 32 tahun sekali. Tak heran jika kemunculan GMT diprediksi akan mencuri perhatian masyarakat di berbagai dunia, khususnya Indonesia.

Tetapi tahukah kamu, tidak hanya GMT yang merupakan fenomena langka di dunia ini. Ada beberapa fenomena alam langka yang sebaiknya tidak kamu lewatkan, seperti misalnya penampakan meteor-meteor dan pergeseran planet-planet.

Berikut jadwal fenomena alam paling langka, sebagaimana dilansir dari Mirror.co.uk.

Gerhana Matahari Total – 9 Maret

Gerhana Matahari Total merupakan fenomena di mana Bulan akan menutupi Matahari secara penuh. Fenomena langka ini akan terlihat jelas dari wilayah Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Hujan Meteor Lyrid – 22 April

Hujan meteor dari Komet Thatcher ini akan terlihat jelas dari belahan Bumi bagian utara dan muncul di sisi timur.

Hujan Meteor Eta Aquarid – 6 Mei

Penampakan hujan meteor dari Komet Halley ini mungkin akan terhalang terangnya bulan, namun baik belahan Bumi utara dan selatan bisa menikmatinya.

Planet Merkurius melintasi Matahari – 9 Mei

Peristiwa ini dikatakan sebagai peristiwa terbesar di 2016, sebab siluet Merkurius akan tampak dan menutupi seper seratus lima puluh bagian Matahari.

Hujan Meteor Perseid – 12 Agustus

Inilah hujan meteor yang paling populer dari hujan meteor lainnya, karena jumlah meteor yang tampak akan lebih banyak, apalagi dapat dilihat dengan mata telanjang.

Hujan Meteor Orion – 21 Oktober

Hujan meteor ini juga dapat dinikmati tanpa menggunakan teropong atau teleskop, namun harus cek terlebih dahulu bagaimana cuaca pada hari itu.

Hujan meteor Geminid – 13 Desember

Penampakan hujan meteor ini terbilang spektakuler, apalagi pada tengah malam, sebab dalam beberapa tahun terakhir jumlah meteornya makin banyak.

Itulah daftar fenomena alam langka yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Kendati tidak selangka GMT, namun fenomena-fenomena tersebut juga mencuri perhatian para ilmuwan.

(war)

* Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini