Sukses

Unik, Uang Selandia Baru Ini Jadi Uang Kertas Terbaik

Uang kertas pecahan 5 dolar Selandia Baru pecahan 5 dolar didaulat sebagai uang kertas terbaik pada 2015.

Citizen6, Jakarta Sebuah uang kertas tidak hanya bernilai berdasarkan angka nominal saja. Desain uang kertas ternyata mempunyai nilai berharga. Setiap negara berlomba-lomba membuat desain uang uang kertas yang unik. Salah satu negara dengan desain uang kertas terbaik dimiliki Selandia Baru.

Uang kertas pecahan 5 dolar Selandia Baru pecahan 5 dolar didaulat sebagai uang kertas terbaik pada 2015. Desain tersebut mengungguli uang kertas di antara 40 desain uang kertas dari 20 negara.

Penilaian penghargaan harus melewati syarat utama, yakni  uang tersebut harus pertama kali diterbitkan di tahun penghargaan dan digunakan dalam keperluan sehari-hari. Ajang penghargaan yang diberikan oleh Komunitas Uang Kertas Internasional menilai uang kertas dari sisi artistik, dan inovasi fitur keamanan yang inovatif.  

Tak ketinggalan, respons positif uang kertas yang telah digunakan warga, kontras, dan keseimbangan. Desain unik uang kertas 5 dolar Selandia Baru menampilkan wajah pendaki gunung Sir Edmund Hillary yang tengah memandang Gunung Aoraki atau Gunung Cook di Pulau Selatan.

Di sisi lainnya, gambar penguin mata kuning yang langka dan tumbuh-tumbuhan lokal Selandia Baru menghiasi uang kertas. Paduan warna oranye dan coklat, jendela polimernya yang cantik berhasil memikat tim juri.

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.