Sukses

Mengenal Lebih Dekat Pertamina Bersama Campus CJ

Para jurnalis Campus CJ Edutrip akan mengupas tentang perusahaan Pertamina.

Campus CJ, Jakarta- Kamis,19 Mei 2016 Liputan6.com kembali mengadakan acara yang sangat menarik bagi kalangan penulis, blogger, dan mahasiswa yaitu Campus CJ Edutrip. Acara ini hadir untuk memberi pengalaman bagi mereka tentang dunia jurnalistik dan kepenulisan.

Para jurnalis Campus Cj Edutrip akan mengupas tentang Pertamina, perusahaan terbesar se-Asia Tenggara. Pertamina merupakan sebuah bisnis yang penuh risiko dan penuh kehati-hatian.

Acara ini dibuka dengan perkenalan anggota dari Campus CJ Edutrip Pertamina, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tentang perusahaan oleh Ifki Sukarya. Ia bercerita banyak tentang Perusahaan papan atas ini, bagaimana pengolahannya, tenaga kerja, sumber daya, dan kerja sama yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.

Ia juga mengatakan Pertamina milik negara dan milik kita semua. Oleh sebab itu, masyarakat harus sadar kalau Pertamina tidak hanya mengambil keuntungan bagi diri sendiri, pihak mereka juga memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Masalahnya masyarakat banyak yang tidak menyadari hal ini, karena mereka belum mengenal lebih mendalam.

Dalam pertemuan ini, Pak Ifki Sukarya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghemat energi, supaya energi yang tersedia tidak habis dan menyebabkan kerugian bagi masyarakat sendiri. Dikarenakan penduduk Indonesia semakin bertambah, sedangkan pasokan energinya tidak sesuai dengan jumlah manusianya.

Setelah pembukaan berakhir, tim Campus CJ Edutrip Pertamina melanjutkan perjalanan ke Pertamina Plumpang. Sesampai di sana, kru dari Campus CJ disambut baik oleh perusahaan, mereka mulai menjelaskan bagaimana pemasokan minyak itu hingga sampai ke daerah-daerah.

Tantangan yang harus dihadapi pihak perusahaan tidak ringan, mereka harus menerima risiko besar ketika akan mengantarkan minyak tersebut ke daerah-daerah. Masalah yang sering mereka temui adalah kemacetan jalanan.

Setelah selesai berkeliling di Pertamina Plumpang, tim Campus CJ melanjutkan perjalanan ke pabrik pelumas. Di sana kru Pertamina menjelaskan tentang proses pengemasan, kemudian kami diajak untuk melihat ke dalam laboratorium.

Melalui laboratorium itu kami mengetahui, minyak pelumas yang dihasilkan Pertamina, memang telah teruji secara klinis. Mereka menyatakan, minyak mereka steril dari kotoran atau pun hal-hal yang akan merusak mesin.

Cara kerja mereka sangat hati-hati sekali. Hal itu mereka lakukan, tidak hanya untuk kepuasan bagi perusahaan, tapi memberi kebahagiaan dan kepuasan bagi masyarakat itu sendiri.

Acara Campus CJ Edutrip ini berakhir di PBM Pertamina Pelumas pada pukul 16.00 dan tim media pulang dengan kepuasan hati dan pengetahuan. Dari sini kami menyadari, bekerja di Pertamina tidak seenak yang dipikirkan banyak orang.

Dengan membeli produk Pertamina, berarti kita telah memberi yang terbaik bagi bagi bangsa ini, hal itu membuktikan kalau kita cinta kepada negeri sendiri. Karena Pertamina bukan hanya milik pemerintah, namun milik seluruh masyarakat Indonesia.

Penulis: 

Ratih Purnama Sari - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini