Sukses

6 Tips Pakai Tinder agar Tak Merusak Puasa

Masih jomblo itu kadang tidak enak. Selain jadi bahan nyinyiran, juga kadang dianggap tak laku.

Liputan6.com, Jakarta - Masih jomblo itu kadang tidak enak. Selain jadi bahan nyinyiran, juga kadang dianggap tak laku.

Beruntung di era sekarang kita bisa bergaul lintas batas, jarak, ruang, waktu, usia dan jenis kelamin. Dengan banyaknya aplikasi daring yang tersebar, kita tinggal unduh gratis dan pakai sepuasnya.

Beberapa aplikasi online pertemanan khusus itu, di antaranya beetalk, meowchat, badoo, okcupid maupun yang lebih syar'i, yakni Salaam Swipe.

Namun dari semua aplikasi pertemanan di dunia maya yang paling populer adalah Tinder. Berbeda dengan aplikasi lain, aplikasi ini lebih khusus untuk mencari pacar yang mengarah ke hubungan serius, dari pacaran sampai ke jenjang pernikahan.

Dalam bulan suci Ramadan ini, bagaimana memakai Tinder yang bijak agar tak terjadi hal-hal yang bisa merusak puasa?

Berikut beberapa tipsnya:

1. Ubah profile picture dengan foto terbaru yang bernuansa Ramadan.

Bagi perempuan bisa memakai pakaian yang lebih syar'i dan tidak memperlihatkan ekspresi atau pose yang menggoda iman. Begitu juga dengan yang laki-laki, pasang foto yang sewajarnya dan tidak vulgar. Bisa dengan latar belakang masjid atau yang bernuansa Ramadan, bukan di kolam renang.

2. Ajak teman sesama jomblo.

Meski ini urusan personal, selama bulan puasa sebaiknya mengajak teman saat ingin mencari teman khusus di Tinder. Tentu pilih teman yang akrab dan bisa dipercaya. Dengan berdua, kemungkinan besar kita saat kenalan, tidak akan terjadi percakapan yang sangat personal, khususnya percakapan yang tidak seharusnya dilakukan saat berpuasa.

3. Di tempat terbuka.

Saat membuka aplikasi Tinder, lakukan percakapan di tempat terbuka yang bisa jelas terlihat oleh orang lain. Bukan di tempat-tempat yang sepi atau tertutup, apalagi sendirian. Dengan begitu kemungkinan kita melakukan perbincangan "kotor" akan terhindar.

4. Topik ke hal-hal yang tidak menjurus

Karena bulan Ramadan, carilah teman yang sama-sama menyukai topik yang berhubungan dengan Islam. Teman yang mempunyai wawasan dan keilmuan agama yang baik tentu lebih menyenangkan sebagai teman diskusi. Selain memperoleh teman baru, kita juga akan memperoleh wawasan dan ilmu baru, gratis lagi.

5. Hindari mengirimkan foto-foto

Biasanya ketika baru kenalan, teman yang "match" tersebut makin penasaran dengan meminta foto-foto lain yang kita punya, meskipun foto sudah terpampang jelas di profile. Jika dia meminta, sebaiknya abaikan saja. Karena dengan mengirim foto, membuka peluang untuk meminta lebih dah lebih lagi.

6. Ubah mindset

Yang terpenting dari itu semua adalah niat. Ubah cara pandang sebelum membuka aplikasi kencan online ini. Niatkan membuka aplikasi ini tidak untuk sekadar mencari calon pacar, tapi juga untuk meluaskan networking. Dengan begitu semoga kita terhindar dari hal-hal yang merusak puasa selama memakai Tinder.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini