Sukses

5 Kisah Perempuan Mulia Pendonor Ginjal

Mereka rela mendonorkan ginjal, organ yang penting bagi tubuh, untuk orang lain. Siapa perempuan-perempuan mulia tersebut?

Citizen6, Jakarta Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting yang dimiliki manusia. Tanpa ginjal, darah akan bercampur dengan berbagai racun yang diedarkan ke seluruh tubuh. Meski ginjal ada dua, fungsinya sama penting.

Banyak kasus gagal ginjal yang terjadi karena ginjal mereka tidak berfungsi sebagaimana semestinya. Satu-satunya cara yang harus dilakukan untuk dapat hidup normal adalah menjalani donor ginjal jika seseorang tak ingin selamanya cuci darah.

Nah, ternyata ada beberapa perempuan perkasa berhati mulia yang rela mendonorkan ginjal mereka untuk orang lain. Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mendonorkan ginjal karena status di Facebook

1. Mendonorkan ginjal karena status di Facebook

Latrice Shape dan Melanie Moore adalah dua orang perempuan yang bersahabat sejak kecil. Namun selepas masa sekolah menengah, mereka hilang kontak selama 20 tahun. Hingga suatu saat mereka berkomunikasi kembali lewat facebook.

Suatu saat, Latrice membaca status Melanie yang menuliskan bahwa ia membutuhkan ginjal. Tanpa ragu, Latrice menemui Melanie untuk mendonorkan ginjalnya. Hal tersebut membuat persahabatan mereka makin erat.

3 dari 6 halaman

Mendonorkan ginjal untuk orang asing

 2. Mendonorkan ginjal untuk orang asing

Pernahkah Anda membayangkan mendonorkan ginjal Anda untuk seseorang yang tak pernah Anda kenal sebelumnya? Chelsea Froelich, janda beranak satu ini mendengar seorang pria bernama Kyle yang membutuhkan ginjal.

Apabila tak segera mendapatkan donor, nyawa Kyle akan melayang. Tanpa ragu, Chelsea mendonorkan ginjalnya. Setelah diperiksa, ternyata ginjalnya cocok. Selepas operasi, Kyle dan Chelsea semakin akrab. Hubungan tersebut berakhir dengan Kyle yang mengajak Chelsea menikah.

4 dari 6 halaman

Mendonorkan ginjal setelah wawancara kerja

3. Mendonorkan ginjal setelah wawancara kerja

Patty Kitchen bekerja sebagai seorang human resources development di sebuah perusahaan. Suatu hari, ia mewawancarai seorang perempuan yang bernama Susan. Setelah wawancara, diketahui Susan membutuhkan donor ginjal untuk penyakit yang dideritanya.

Tanpa ragu, Patty menawarkan ginjalnya. Setelah diperiksa, ternyata ginjal Patty cocok. Mereka pun kemudian melakukan operasi sehingga Susan tertolong.

5 dari 6 halaman

Mendonorkan ginjal untuk saudara perempuan

4. Mendonorkan ginjal untuk saudara perempuan

Nancy mengidap penyakit gagal ginjal. Hal ini membuat dirinya tak bisa beraktifitas dengan bebas. Ia mesti melakukan cuci darah agar tetap bisa bertahan hidup. Nancy benar-benar menderita dengan penyakitnya.

Melihat penderitaan adiknya, Julie sang kakak merasa tak tega. Ia pun kemudian mendonorkan salah satu ginjalnya untuk sang adik. Operasi berhasil dan kini Nancy bisa hidup lebih baik.

6 dari 6 halaman

Mendonorkan ginjal untuk ayah

5. Mendonorkan ginjal untuk ayah

Cara Reynoso merasa iba melihat ayahnya yang harus menjalani cuci darah. Ia kemudian mendonorkan ginjalnya untuk mengurangi penderitaan sang ayah.

Meski setelah operasi ia mengalami kesakitan yang luar biasa, ia berusaha tetap kuat. Sang ayah pun memberikan kalung berbentuk ginjal sebagai ungkapan terima kasih terhadap sang anak.

Mengharukan, ya? Kisah-kisah di atas menunjukkan masih banyak orang baik di dunia. Bagaimana dengan Anda?

***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.