Sukses

Kota-kota Ini Terkenal Akan Pencopetnya

Kota-kota ini terkenal akan pencopetnya yang merajalela. Kota apa saja?

 

Citizen6, Jakarta Banyak cara dilakukan orang untuk mendapatkan uang dengan cara cepat. Mencopet, adalah salah satu cara buruk yang kerap dilakukan orang-orang berpikiran pendek. Pencopet dapat berada di mana saja. Mereka memanfaatkan kelengahan Anda untuk memperoleh keuntungan dengan mencopet barang bawaan Anda.

Nah, tahukah Anda ada beberapa kota yang terkenal akan pencopetnya. Di mana saja?

Jakarta, Indonesia

 

Jika di tempat lain pencopet berkeliaran di tempat-tempat wisata, maka di Ibukota Indonesia ini pencopet berkeliaran di mana saja. Di dalam bus kota, commuter line, kopaja, angkot, transjakarta, pasar, monas, di mana ada orang berkumpul, dipastikan ada pencopet di sana. Pencopet di Jakarta pun terbilang berani. Tak hanya mengandalkan kecepatan tangan, mereka menggunakan berbagai trik dan teknik saat akan mencopet.

Berpura-pura memijat kaki, mendesak di keramaian, menepuk pundak, dan berbagai cara dilakukan para pencopet. Tak hanya itu, mereka juga kerap mencopet secara berkelompok. Satu orang mengalihkan perhatian, yang lain akan menggasak barang korban. Jangan pernah lengah saat berada di Jakarta. Sebab pencopet berwujud dalam rupa apapun. Termasuk dengan gaya orang kantoran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Barcelona, Spanyol

Barcelona merupakan kota tepi laut yang sangat indah dan menjadi tujuan banyak wisatawan. Namun selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, Barcelona juga terkenal akan pencopetnya. La Ramba, salah satu jalanan yang terletak di pusat Barcelona menjadi tempat yang banyak pencopetnya. Jika berpergian di tempat ini, pastikan barang bawaan terlihat oleh Anda.

Para pencopet di tempat ini sangat tergonisir. Satu orang akan mengalihkan perhatian, sedang yang lain berusaha mengambil barang bawaan. Mereka pun tak akan ragu menggunakan gunting atau pisau.

Prague, Republik Ceko

Berhati-hatilah saat Anda berada di Prague Bridge. Tempat ini menjadi tempat yang cukup banyak pencopetnya. Salah satu teknik pencopetannya adalah perempuan cantik yang akan menatap Anda. Saat perhatian Anda teralihkan kepadanya, rekan si perempuan cantik akan melucuti barang bawaan Anda.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Madrid, Spanyol

Jika berada di tempat yang ramai di Madrid, jangan mudah percaya dengan orang yang Anda temui. Modus pencopetan di tempat ini adalah dengan cara meminta tolong memfoto. Saat orang tersebut meletakkan barang bawaannya, saat itulah rekan si pencopet menggasak barang-barang Anda.

Paris, Prancis

Meski kota ini terkenal sebagai kota paling romantis, jangan mau diberikan bunga oleh orang asing. Memberikan bunga adalah cara pencopet mengalihkan perhatian mangsanya di sana. Saat Anda lengah, ia akan mengambil barang berharga Anda. Dan jika tidak menemukan, ia akan meminta uang sebagai ganti bunga tersebut.

Buenos Aires, Argentina

Kota terbesar di Argentina ini juga menjadi surga bagi para pencopet. Anda harus berhati-hati jika ada sekumpulan orang atau anak kecil yang mengikuti Anda. Mereka bisa saja para pencopet yang akan mengambil dompet Anda dan langsung kabur.

Teknik mencopet paling umum di Buenos Aires adalah seseorang tak sengaja menabrak Anda. Kemudian rekannya akan berpura-pura membantu Anda berdiri. Saat itulah ia mencopet Anda.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Amsterdam, Belanda

Di beberapa tempat di Amsterdam, terdapat kawasan “Tidak ada kamera”. Hal ini membuat pencopet leluasa melancarkan aksinya. Salah satu teknik mencuri di tempat ini adalah mendorong Anda dari belakang/samping saat ramai. Pada waktu itu pula orang lain mengambil barang bawaan saat Anda sedang melihat ke sisi di mana Anda ditabrak.

Athena, Yunani

Jika Anda sedang mengunjungi tempat ini dengan tujuan melihat-lihat tempat bersejarah seperti Acropolis atau Parthenon, maka jangan pernah mengabaikan barang bawaan Anda. Salah satu modus operasi ini dilakukan oleh anak-anak kecil yang secara tiba-tiba mengerumuni dan secara berani mengambil barang bawaan Anda. Tiba-tiba semua anak kecil itu berpencar lari ke semua arah, dompet, ponsel, kamera, dan barang bawaan Anda lainnya telah hilang tersebar ke berbagai arah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini