Sukses

Blue Star, Batu Safir Terbesar di Dunia Berhasil Ditemukan

Batu safir berjenis blue star dengan ukuran terbesar di dunia, telah ditemukan di Sri Lanka.

Citizen6, Jakarta Batu safir berjenis blue star dengan ukuran terbesar di dunia, telah ditemukan di Sri Lanka. Berat batu safir blue star tersebut 1.404 karat dan ditafsir memiliki nilai hingga £ 120 million atau 165 million dolar.

Batu tersebut ditemukan pada bulan Agustus lalu di dekat Ratnapura, sebuah kota yang berada di selatan Sri Lanka. Seperti dilaporkan media lokal setempat, kota ini dijuluki Kota Gems karena perdagangan permatanya yang sangat menonjol.    

Dilansir dailymail.co.uk pada Rabu (06/01/16), pemilik baru safir yang tidak ingin diketahui identitasnya ini mengatakan kepada surat kabar Sri Lanka Ceylon, bahwa ia merasa gugup ketika ia menemukan batu safir tersebut, karena ia mengetahui bahwa batu safir itu merupakan yang terbesar di dunia.

Batu safir blue star ini ditambang di dekat Ratnapura di Selatan Sri Lanka, di duga batu ini adalah yang terbesar dari jenisnya di dunia. Baru safir tersebut kini dijuluki “Bintang Adam," yang terinspirasi oleh keyakinan Muslim yang mengatakan bahwa Adam datang ke Sri Lanka ketika ia dilarang dari Taman Eden.

Bintang Adam, yang telah disertifikasi oleh Gemologi Institut Columbo ini telah mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, yakni safir blue star dengan 1.395 karat. Pada tahun 2011, Gem dan Perhiasan Asosiasi Sri Lanka mengatakan kepada BBC bahwa safir pada cincin pertunangan Kate Middleton berasal dari salah satu tambang di Sri Lanka.

(soy/ul)

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini