Sukses

China Bangun Patung Mao Zedong Berlapis Emas Terbesar di Dunia

Patung Mao Zedong setinggi 36 meter berlapis emas tengah dibangun di China.

Citizen6, Henan Hampir 40 tahun setelah kematian Mao Zedong, pendiri Republik Rakyat China, tetapi pengaruhnya tak juga luntur. Untuk menghormati pemimpin Partai Komunis tersebut, penduduk serta pengusaha di Desa Tongxu, dekat Kaifeng, Provinsi Henan, membangun sebuah patung raksasa dirinya berlapis emas.

Seperti dikutip dari Metro, Jumat (8/1/2016), patung pria yang dijuluki Great Helsman itu tingginya 36 meter dan menghabiskan dana hingga ratusan juta dolar Amerika.

Uniknya, Provinsi Henan sendiri sebenarnya merupakan salah satu daerah termiskin di China, serta salah satu daerah yang pernah dilanda kelaparan saat kepemimpinan Mao Zedong.

Seorang pria berada dibawah patung Presiden pertama Cina, Mao Zedong saat proses penyelesaian pembangunannya di ladang Desa Tongxu, Henan, Cina (4/1). Menurut warga, patung tersebut menghabiskan sekitar USD 460.000 atau Rp 6,4 miliar. (Reuters/Stringer) 

Kepemimpinan Mao Zedong sendiri diprotes banyak pihak sejak ditemukannya arsip yang menyimpulkan kalau ia merupakan pembunuh massal terbesar dalam sejarah. Pun demikian, Mao masih dipuja di banyak tempat di China. Potretnya dapat ditemukan di Lapangan Tiananmen, Beijing, dan wajahnya terdapat di uang kertas.

Meski proyek tersebut terdengar fantastis, banyak netizen di situs micro-blogging China, Weibo yang tidak terkesan. Salah satu pengguna malah berkomentar, "Bagaimana kalau menggunakan uang sebanyak itu untuk mengentaskan kemiskinan terlebih dahulu?" (Sul)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini