Sukses

Tiga Pernikahan Sesama Jenis Pejabat Paling Kontroversi di Dunia

Bahkan mereka menikah di saat dirinya menjadi public figur

Citizen6 Jakarta Abad 21 merupakan abad paling bersejarah bagi seluruh kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender di seluruh dunia. Sebab mereka tidak malu lagi bahkan kebebasan mereka telah diakui di masyarakat. Mereka menyadari bahwa orientasi seksualnya bertentangan dengan prinsip mayoritas penganut kodrat hubungan lelaki-perempuan.

Akan tetapi, kondisi tersebut tidak menghalangi mereka berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. Saat ini sudah banyak sekali gaum LGBT yang memiliki jabatan penting dalam sebuah negara. Bahkan mereka menikah di saat dirinya menjadi public figur. Berikut para pejabat yang menikah sesama jenis dan bikin heboh dunia.

Xavier Bettel

Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel (42), menikahi kekasih lamanya Gauthier Destenay beberapa waktu lalu. Pemimpin politik salah satu negara paling kaya di Eropa itu menjadi yang kedua di dunia menikah dengan sesama jenis secara terbuka ketika masih berkuasa. Menurut the Guardian Bettel dan Destenay hidup bersama sejak 2010. Mereka sempat berencana menikah setelah Bettel lengser, tapi akhirnya pesta dipercepat.

Dalam upacara pernikahan di Balai Kota Luxembourg City, hanya hadir keluarga dekat dan tamu undangan khusus.Toh, walau tidak diliput, foto-foto pernikahan mereka tetap tersebar. Warga Luxembourg tidak mempersamalahkan pernikahan sesama jenis pemimpin mereka. Walau agama mayoritas penduduk adalah Katolik, nyatanya 83 persen mendukung Undang-Undang Pernikahan gay maupun lesbian yang lolos pada Juni 2014 lalu. Beberapa saat setelah pernikahan itu, Bettel dan Destenay berjalan bersama di sekitar Balai Kota. Warga mengelu-elukan mereka.

"Saya tidak akan pernah menyembunyikan siapa saya yang sebenarnya. Saya berkata dalam hati, jika kamu ingin menjadi politisi dan jujur dalam politik, kamu harus jujur dengan diri sendiri dan menerima diri kita apa adanya," kata Bettel.

Siapa lagi berikutnya, selengkapanya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini