Sukses

Demi Riset, Pria Ini Gabung Kawanan Serigala Selama 40 Tahun

Setalah bertahun-tahun, uniknya kini Warner seolah menjadi pimpinan kawanan para serigala itu.

Citizen6 Jakarta Ada dua jenis penelitian berdasarkan cara memperoleh data, partisipan dan nonpartisipan. Keduanya hanya beda pada cara pengambilan data dengan cara langsung dan tidak langsung. Penelitian partisipan dilakukan dengan cara terjun langsung dan membaur pada objek penelitian. Sedangkan nonpartisipan adalah kebalikannya.

Akan tetapi, apa jadinya jika objek penelitian tersebut adalah sekelompok serigala?

Seorang ilmuwan Jerman bernama Warner Freund, meneliti sekelompok serigala dengan model partisipan. Dilansir dari the telegraph, ia membaur bersama kawanan serigala tersebut selama hampir 40 tahun. "Saya menjadi bagian kehidupan kawanan serigala. Berbagi makan, membesarkan serigala muda, dan kami berhubungan erat satu sama lain," ujarnya.

Warner Freund

Warner hidup di taman Wolfspark, di Merzig, Jerman. Sebuah taman yang dihuni enam ras serigala yang berbeda-beda dari penjuru dunia, termasuk Siberia, Kutub Utara, Kanda, Eropa, dan Mongolia.

Warner mengisahkan, untuk menjadi bagian dari kelompok Serigala tidaklah mudah, Warner harus makan dengan cara serigala dan mengetahui auman khas serigala. Termasuk dari cara bercandanya yang terlalu keras. Tak jarang Warner mengalami luka lebam pada matanya dan sedikit cakaran di wajah.

Warner Freund

Setalah bertahun-tahun, uniknya kini Warner seolah menjadi pimpinan kawanan para serigala itu. Warner mencontohkan, ketika mendapat daging rusa mentah yang telah disembelih, serigala-serigala lapar semangat menghampiri, namun tidak berani bertindak sebelum Werner mengijinkan. Werner memastikan bahwa dia mengigit daging di  giginya sebagai pertanda dirinya adalah pejantan yang dominan yang selalu mendapatkan gigitan pertama.

Serigala-serigala lapar menunggu dan menonton patuh kemudian baru berani makan setelah ada sinyal dari Werner. Dari ritual makan itulah, Warner memastikan dirinya mendapat rasa hormat dari kawanan serigala.

(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini