Sukses

7 Profesi Penting Ini Lenyap Sesuai Perkembangan Zaman

Banyak yang tidak menyadari, sejumlah profesi menghilang sesuai perkembangan teknologi

Citizen6, Jakarta Menengok ke belakang, banyak profesi yang menghilang sesuai dengan perkembangan zaman. Beberapa profesi tersebut dahulunya termasuk profesi yang penting. Namun sejak ditemukannya banyak penemuan baru, maka profesi-profesi itu pun lenyap.

1. Penyusun Headline Berita

Dahulunya, untuk mengatur baris maupun kalimat yang akan digunakan di halaman awal surat kabar, butuh kemahiran dari seorang penyusun headline berita. Pekerjaan ini bahkan pernah dipandang sebagai keterampilan yang setara dengan alkemis dan musisi. Akan tetapi, sejak komputer ditemukan dan surat kabar lebih menyusunnya di komputer, pekerjaan ini pun lenyap.

2. Penjaga Lampu Gas

Pada tahun 1807, lampu gas memainkan peranan penting dalam menjaga kejahatan di teluk Inggris. Jadi, hampir tiap kota dan pinggiran kota memiliki petugas penjaga lampu gas yang akan patroli menghidupkan lampu saat senja dan kembali pada waktu fajar untuk memadamkan api.

Namun, sejak tahun 1879 ketika penerangan listrik diresmikan dan awal abad ke-20 saat hampir semua lampu gas diganti dengan lampu listrik, profesi ini pun musnah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tukang Membangunkan Orang

3. Tukang Membangunkan Orang

Sampai tahun 1920-an, banyak orang masih dibayar untuk dibangunkan dengan pintu atau jendela diketuk pada waktu tertentu. Biasanya mereka menggunakan tongkat panjang untuk mengetuk jendela kamar orang yang minta dibangunkan tidurnya.

Tentunya mereka tak boleh berhenti sampai orang tersebut bangun. Sayangnya sejak jam weker ditemukan, pekerjaan ini pun tak lagi dibutuhkan.

4. Tukang Meratap

Pada abad ke-19, pemakaman juga menjadi simbol perpisahan. Banyak keluarga kaya menyewa tukang meratap untuk meningkatkan prestise almarhum/almarhumah. Tukang meratap akan menangisi kepergian sang mayat dan menyebuut-nyebut kebaikannya. Pada tahun 1900-an, profesi ini menghilang.

3 dari 3 halaman

Pemantau Pesawat

5. Pemantau Pesawat

Selama PD I, sejumlah orang diperkerjakan khusus untuk mendengar suara pesawat yang datang dengan semacam alat bantu dengar raksasa. Namun sejak ditemukannya radar, pekerjaan yang satu ini pun hilang ditelan bumi.

6. Pengumpul Kotoran Manusia

Sebelum toilet dengan sistem pembuangan ditemukan, orang-orang menggunakan semacam tempayan untuk buang air besar di malam hari. Nantinya, ada orang yang akan mengumpulkan kotoran tersebut untuk dijual pada petani sebagai bahan pupuk kotoran manusia. Kini pekerjaan ini tak lagi ada.

7. Penangkap Tikus Pribadi

Pada abad ke-19, penangkap tikus pribadi adalah profesi yang membanggakan. Terlebih jika Anda bekerja untuk Ratu Victoria atau orang-orang kaya. Namun sejak ditemukannya cara yang lebih baik, seperti menggunakan racun untuk membasmi hama tikus, profesi ini tak lagi dibutuhkan. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini