Sukses

Ini Dia Hutan Terapung Pertama di Dunia yang Diciptakan Belanda

Belanda kelak menjadi negara pertama yang ciptakan hutan terapung pertama di dunia

Citizen6, Jakarta Pada tanggal 16 Maret 2016, hutan mengambang dengan 20 pohon akan diluncurkan di Rotterdam, Belanda. Pembuatan hutan terapung ini terinspirasi oleh sebuah karya seni berjudul "In Search of Habitus" oleh seniman Jorge Bakker.

Selanjutnya, ide tersebut dicoba untuk diwujudkan oleh sekelompok seniman lokal. Setelah melakukan percobaan yang sukses di tahun 2014, kelompok tersebut merasa siap untuk mengambil langkah yang lebih jauh.

- 

"The Boobing Forest akan dibuat dari bahan-bahan daur ulang serta tentunya pohon sungguhan," demikian yang ditulis di laman web proyek tersebut. Masih menurut website-nya, pohon-pohon yang akan digunakan berasal dari sumbangan Bomendepot.

Pelaksanaan proyek ini melihat, betapa pohon-pohon di Rotterdam semakin berkurang. Setiap kali bagian dari kota direnovasi, pohon harus dipindahkan. Tak jarang, pohon yang dipindahkan itu tak dapat bertahan dengan tempatnya yang baru dan mati.

- 

Lalu, Departemen Pekerjaan Umum kota pun memilih menyimpan pohon-pohon itu di Bomendepot. Pohon-pohon itulah yang digunakan untuk menciptakan Hutan Terapung. Untuk pelampung sendiri, disumbangkan oleh Rijkswaterstaa yang pernah digunakan di Laut Utara. (sul/war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini