Sukses

Bola Cabai dan Ketapel, Senjata Polisi Usir Demonstran di India

Polisi di India saat ini sedang dilatih untuk menggunakan ketapel yang dirancang khusus dan bola plastik yang diisi dengan bubuk cabai.

Citizen6, India - Dalam upaya untuk lebih mengontrol kerumunan massa yang nakal selama demo, polisi di India utara akhirnya berinisiatif untuk mengganti senjata modern mereka dengan senjata-senjata sederhana, seperti ketapel dan bubuk cabai.

Dilansir odditycentral, Selasa (15/2/2016), keputusan tersebut dibuat setelah mereka menyadari bahwa "non-mematikan" mungkin akan terbukti lebih efektif daripada meriam air atau gas air mata.

"Ini jauh lebih baik daripada menembakkan peluru plastik yang dapat menyebabkan cedera parah. Ini hanya digunakan dalam kasus-kasus darurat sehingga kita dapat meminimalisir kerusakan," jelas Anil Kumar Rao, Inspektur Jenderal Polisi di Hisar Haryana.

dok: Odditycentral.com

Polisi di India saat ini sedang dilatih untuk menggunakan ketapel yang dirancang khusus dan bola plastik yang diisi dengan bubuk cabai. Jika cabai tidak cukup efektif, mereka berencana untuk beralih ke kelereng. Namun, ada beberapa kekhawatiran warga lokal karena ketapel bisa melukai warga sipil, tapi Abhishek Jorwal, kepala polisi di Jind membantahnya.

"Ketapel dan bola cabai tidak akan menyebabkan kerusakan permanen, tetapi hanya akan membuat demonstran kembali. Petugas juga telah diperintahkan untuk menggunakan ketapel serta gas air mata, dan sejata modern sebagai pilihan terakhir," ucapnya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.