Sukses

Tiongkok Bangun Teleskop Raksasa untuk Temukan Alien

Pemerintah Tiongkok membangun teleskop raksasa untuk menemukan keberadaan Alien di luar angkasa.

Citizen6, Jakarta - Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Tiongkok ini mungkin akan menjadi yang terbesar di dunia dan mengarah pada penemuan: bahwa kita tidak sendirian di jagat raya ini.

Akhir tahun ini, proyek FAST (Five hundred meter Aperture Spherical radio Telescope) akan diresmikan oleh Pemerintah Tiongkok. Proyek ini adalah pembangunan teleskop raksasa sebesar 500.000 meter yang akan diresmikan. Tujuannya untuk mengungkapkan penemuan kehidupan lain di alam semesta.

Dilansir dari The Guardian, Senin (22/2/2016), proyek ini pertama kali dimulai pada 2011 tak jauh dari Guizhou. Menghabiskan biaya hingga US$184 juta, dipastikan teleskop ini akan menjadi yang terbesar di dunia.

The Guardian 

Namun ada tugas sulit selain menyelesaikan pembangunan tersebut. Pemerintah harus memindahkan 9.000 warga yang tinggal di sana. Meski warga diberi kompensasi US$ 1.842, tetap saja banyak warga yang memilih untuk bertahan.

Ketika selesai nantinya, teleskop ini akan lebih besar dari teleskop Arecibo Observartory di Puerto Rico setinggi 300 meter.

Bukan hanya paling besar, teleskop ini juga ditujukan untuk proyek ilmiah paling prestisius. Terdiri dari 4.450 panel berbentuk segitiga, teleskop ini diklaim dapat membedakan jutaan cahaya yang nantinya menyiarkan pesan dari alien. (Sul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini