Sukses

Potret Pilu Korban Pemasungan di Berbagai Wilayah di Indonesia

Seorang fotografer asal Amerika Serikat menunjukkan potret pilu korbang pemasungan di Indonesia

Citizen6, Jakarta - Pasung merupakan istilah yang digunakan di Indonesia untuk pembatasan atau pengendalian. Pemasungan telah dilarang sejak tahun 1977. Sayangnya, masih banyak dilakukan di negara, di mana penyakit mental merupakan masalah tabu. 

Prihatin dengan nasib orang-orang yang dipasung, seorang fotografer asal New York, Andrea Star Reese, menghabiskan waktu dua tahun untuk menyelidiki kondisi fasilitas kesehatan mental di Indonesia. Penelitian itu ia lakukan selama tahun 2011-2012 dan didokumentasikan pada tahun 2013 dalam sebuah buku berjudul "Disorder."

Menurut Andrea, fasilitas kesehatan mental di Indonesia berada dalam kondisi mengerikan selama beberapa dekade. Adalah hal yang umum melihat pasien dirantai di kandang, mendapat makanan tidak bergizi, dan dipisahkan dari dunia luar.

foto: Andrea Star Reese 

Andrea menangkap kengerian yang harus dihadapi para pasien sehari-hari. Diperkirakan, terdapat lebih dari 19 juta orang dengan ketidakmampuan psikososial di Indonesia.

"Sayangnya, masih ada dokter yang hanya menggunakan satu resep dan satu diagnosis. Mengerikan," ujar Andrea seperti dikutip dari Feautureshoot, Selasa (08/03/2016).

Andrea menambahkan, banyak dari pasien tersebut yang belum didiagnosis dan bahkan tidak tahu bahwa mereka dapat diobati. Hal ini menunjukkan betapa sedikitnya akses mereka terhadap obat-obatan dan pengobatan yang layak.

foto: Andrea Star Reese 

Foto-foto dalam seri yang dikumpulkan oleh Andrea bukanlah seri foto yang mudah dilihat. Gambaran mengerikan, tragis, bahkan miris dapat Anda lihat dari foto-foto yang dikumpulkan Andrea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Foto-foto pemasungan

Dalam satu gambar, misalnya. Tampak lengan lemah seorang wanita yang terjulur untuk mengumpulkan makanan dari antara jeruji sangkar yang tertutup selama delapan tahun. Atau bahkan potret pria dan wanita yang menghabiskan hari-hari mereka dalam kerangkeng dan dirantai seperti anjing.

foto: Andrea Star Reese 

"Meninggalkan mereka adalah sesuatu yang sulit. Aku melanjutkan mengambil gambar-gambar ini karena kondisi yang makin memprihatinkan. Kemajuannya begitu lambat," tutur Andrea.

"Yang mengerikan, pemerintah Indonesia seolah menutup mata mereka dengan pers internasional. Jadilah LSM nasional dan internasional menggunakan foto-foto saya untuk melaporkan pengaruhnya. Aku tak boleh berhenti mengisahkan cerita ini." 

foto: Andrea Star Reese

Pengobatan Alternatif Jasono, Cilacap, Jawa Tengah: Agus bernyanyi di kandangnya sambil menarikan gerakan rumit. Gerakan Agus terbatas dalam sel sehingga ia tidak bisa lari.

foto: Andrea Star Reese 

Pondok Laku Batin Alwaha, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia: Muhammad Ikromudin, 25, telah dilatih untuk memiliki kekuatan khusus. Dia membantu pria dan wanita menghadiri penyembuhan massal yang akan berlangsung sepanjang hari dan malam. Peserta berdoa, minum minuman herbal, muntah, dan akhirnya masuk ke trans hipnosis. Setelah itu, dibersihkan dari dosa-dosa mereka mereka mandi dengan air herbal.

foto: Andrea Star Reese 

Pondok Pesantren Bina Ahlaq, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia: Di Bina Ahlaq, pondok pesantren, staf Silat dilatih untuk menanggapi keadaan darurat siswa.

foto: Andrea Star Reese 

Yayasan Bina Lestari, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia: Evi tinggal di Bina Lestari Yayasan selama beberapa tahun. Dia berusia lima belas ketika mulai mengalami halusinasi. Keluarganya membayar untuk tempat tidur dan pendekatan spiritual berdasarkan Islam untuk penyembuhan.

foto: Andrea Star Reese 

Brebes, Jawa Tengah, Indonesia: ayah Anne percaya dia tidak perlu banyak makan. Keluarganya tertekan karena kondisinya tak kunjung membaik. Anne dikurung di sebuah ruangan tanpa jendela, dibangun di belakang rumahnya selama lebih dari sepuluh tahun. Sebagai seorang anak ia suka berlari, sekarang dia tidak bisa berdiri. 

foto: Andrea Star Reese 

Beberapa keluarga membayar pengobatan secara spiritual dengan mendatangkan ahli spiritual. (sul)

* Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini