Sukses

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Tersembunyi dari Kulit Pisang

Selain memiliki banyak nutrisi, pisang juga menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk berbagai kue dan makanan penutup.

Citizen6, Jakarta - Buah berwarna kuning yang satu ini memang sering kita temui, bahkan hampir dikonsumsi setiap hari oleh segelintir orang. Selain memiliki banyak nutrisi, pisang juga menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk berbagai kue dan makanan penutup.

Namun, saat kamu makan pisang, biasanya kamu membuang kulitnya atau mengubahnya menjadi kompos? Nah, daripada kamu hanya menjadikan kulit pisang sebagai sampah. Berikut ini beberapa kegunaan kulit pisang yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Alternatif remover untuk kulit

1. Alternatif remover untuk kulit

Memang ada banyak pengobatan alternatif untuk menghilangkan kutil dan salah satunya kulit pisang. Tapi tidak hanya untuk menghilangkan kutil yang mengganggu di kulit, namun juga untuk mencegah kembali timbulnya kutil. Kamu hanya membutuhkan sebagian kulit pisang yang dipotong untuk ditempatkan pada titik adanya kutil, kemudian tempelkan kulit pisang dengan plester dan biarkan semalaman. Ulangi cara ini hingga kutil menghilang.

3 dari 8 halaman

Pemutih gigi

2. Pemutih gigi

Kulit secara keseluruhan kaya akan kalium dan mineral yang diyakini berperan sebagai pemutih gigi. Untuk memutihkan gigi dengan kulit pisang, kamu perlu memiliki pisang dengan kematangan yang baik karena pisang seperti itu mengandung jumlah kalium yang tinggi. Jika kamu ingin mencoba, kamu hanya perlu menggosokan kulit pisang ke gigi selama dua menit, lalu diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu kamu bisa menyikat gigi.

4 dari 8 halaman

Pereda gigitan nyamuk

3. Pereda gigitan nyamuk

Banyak orang percaya bahwa kulit pisang dapat bekerja untuk mengurangi rasa gatal dan pembengkakan pada tubuh yang terkena gigitan nyamuk. Memang tak ada penelitian yang mendukung klaim tersebut, namun diyakini bahwa kulit pisang akan menyerap cairan dari daerah yang bengkak.

5 dari 8 halaman

Obat jerawat

4. Obat jerawat

Memang masih banyak orang yang belum tahu kalau kulit pisang menjadi solusi yang alami untuk masalah jerawat. Kamu hanya perlu menggosok bagian kulit yang terkena jerawat pada wajah, kemudian diamkan sepuluh menit dan biarkan selama beberapa waktu. Jangan mencuci muka dahulu dan biarkan residu bekerja dahulu.

6 dari 8 halaman

Semir sepatu

5. Semir sepatu

Jika kamu kehabisan semir sepatu dan memiliki banyak pisang di rumah, maka kamu beruntung. Kamu hanya perlu satu kulit pisang dan gosokkan bagian dalam kulit pisang ke sepatu kamu. Lalu kamu bisa bersihkan dengan kain hingga residunya menghilang.

7 dari 8 halaman

Mencegah keriput

6. Mencegah keriput

Kamu mulai khawatir dengan keriput di wajah? Kulit pisang bisa menjadi solusinya lho. Kamu hanya perlu menggosokan bagian dalam kulit pisah pada garis keriput. Vitamin C dan antioksidan lainnya dalam pisang bisa meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan sirkulasi.

8 dari 8 halaman

Untuk memar

7. Untuk memar

Luka memar ternyata bisa diredakan dengan kulit pisang. Kamu bisa mengoleskan pada memar dan biarkan semalaman.

Ternyata kulit pisang memiliki banyak kegunaan. Selamat mencoba.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.