Sukses

Beli Seharga Rp 39 Ribu, Mangkok Ini Laku Dilelang Rp 26 M

Mangkuk yang dibeli di pedagang kaki lima berhasil dilelang dan dapat terjual dengan harga lebih dari Rp 26 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Pernakah kamu membeli suatu barang dari pedagang kaki lima dan ternyata barang tersebut lebih berharga daripada apa yang kamu miliki sekarang? Sebuah keluarga dari New York memiliki pengalaman seperti itu dan hal itu mengubah hidup mereka. Penasaran?

Keluarga ini tak menyangka bahwa mangkuk keramik yang mereka beli memiliki nilai jual tinggi. Dilansir elitereaders, Rabu (8/6/2016), kisahnya bermula pada tahun 2007, ketika mereka pergi ke penjual lokal untuk membeli beberapa item. Mereka kemudian pulang ke rumah dengan membawa beberapa barang, termasuk mangkuk keramik tua berwarna krem dengan pola bunga yang indah.

dok: elitereaders.com

Selama bertahun-tahun keluarga ini hanya menempatkan mangkuk yang dibelinya dengan harga Rp 39 ribu di atas perapian ruang tamu. Tanpa diketahui mereka, mangkuk tersebut merupakan akar megah. Akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan penilaian kepada mangkuk itu. Hasilnya mengejutkan, karena mangkuk itu adalah harta karun bersejarah yang langka dan sangat jarang dimiliki orang-orang.

dok: elitereaders.com

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Cecilia Leung dari Sotherby mengatakan, "Pada saat itu mereka tidak tahu bahwa telah membeli harta karun berusia 1000 tahun."

Akhirnya mangkuk itu dilelang dan dapat terjual dengan harga lebih dari Rp 26 miliar.

Ternyata mangkuk keramik bunga ini adalah peninggalan dari Dinasti Song Utara di Tiongkok. Sotherby menuturkan, mangkuk itu sangat langka dan hanya satu mangkuk lain yang memiliki bentuk, ukuran, dan dekorasi yang sama di British Museum London.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini