Sukses

Belajar Mobile Jurnalism Langsung dari Ahlinya di EGTC

Berbagai workshop jurnalistik di EGTC 2016 Surabaya akan menambah wawasan kamu.

Citizen, Jakarta Dunia jurnalistik terbuka bagi kamu dari berbagai jurusan. Kamu hanya perlu mempunyai bakat dan minat dalam dunia jurnalistik. Bakat yang dimiliki, baik menulis, punya pengalaman jadi news presenter, maupun suka membuat video berita bisa membawa kamu terjun menjadi reporter atau news presenter.

Terjun ke dunia jurnalistik bukan perkara mudah, terutama bagi kamu yang punya minat, tapi belum pernah berpengalaman di lapangan. Gelar acara EMTEK Goes to Campus 2016 di Airlangga Convention Center, Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, menjadi bekal berharga untuk diikuti. Acara yang berlangsung pada 7-8 September 2016 ini akan membuat kamu lebih dekat mengenal dunia jurnalistik.

  • Menjadi Pewarta Warga Andal

Istilah pewarta warga (citizen journalist) dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir begitu populer. Media saling berlomba-lomba memberikan ruang khusus bagi pewarta warga, seperti kanal citizen di media berita daring atau tayangan video hasil rekaman warga yang ditampilkan di layar kaca.

Sebagai pewarta warga bukan berarti kamu bebas menulis atau membuat konten video. Ada aturan yang harus dipahami. Sesi menjadi pewarta warga andal dapat kamu simak. Pertanyaan-pertanyaan kamu soal bagaimana kriteria menulis yang menarik dan berbeda dari jurnalis pada umumnya akan terjawab.

Kamu juga akan memperoleh wawasan, misalnya konten digital seperti apa yang digandrungi netizen. Artinya, konten digital yang kamu buat akan dikonsumsi publik luas. Konten tersebut harus mampu memikat netizen.

Menjadi pewarta warga.

  • News Presenter & Jurnalis TV yang Aktif

Kamu hobi berbicara atau pernah berpengalaman menjadi pembawa acara (host), tak ada salahnya melebarkan sayap sebagai news presenter dan jurnalis tv. Dalam sesi ini, penampilan kamu akan dinilai juri presenter SCTV dan Indosiar.

Menjadi news presenter dan jurnalis tv tidak hanya terpaku pada wajah yang cantik atau ganteng saja, kamu perlu membaca lebih banyak berita dan info-info yang lagi hits di internet. Cara membawakan berita dan ekspresi kamu di depan kamera juga harus berkesan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eranya Jurnalistik Daring

  • Menjajal Eranya Mobile Journalist

Kini, ponsel pintar (smartphone) bisa dimiliki tiap orang. Harganya yang terjangkau, apalagi dilengkapi kamera dan video menjadi pelengkap sederhana. Sebagai warga biasa, kamu bisa mendokumentasikan berbagai peristiwa lewat foto dan video di ponsel pintar.

Akses jaringan dalam menyunting dan mengunggah konten ke media sosial makin mudah. Misalnya, kamu bisa membuat video berdurasi satu menit lalu diunggah ke Instagram. Untuk membuat konten mobile journalist juga dipengaruhi sudut pengambilan dan tema yang akan diangkat. Dalam sesi mobile journalist, kamu akan mendapatkan wawasan berharga.

Menjajal mobile journalist dan vidio.

  • Berkarier di Dunia Jurnalistik

Memasuki dunia jurnalistik, kamu tak hanya punya bakat dan minat saja. Berbagai  pengalaman kamu, seperti menulis di media daring atau suka berpartisipasi membuat acara menjadi penilaian utama.

Dalam sesi career development, kamu akan menemukan jawaban, seperti apa dan bagaimana kriteria calon karyawan yang dicari di perusahaan berbasis media jurnalistik. Kamu bisa mempersiapkan diri sejak kuliah bila ingin terjun ke dunia jurnalistik.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini