Sukses

7 Hal Ini Diperhatikan Orang Lain untuk Menilai Kepribadian Anda

Tak bisa dipungkiri ketika Anda untuk pertama kalinya bertemu dengan seseorang, Anda akan selalu ingin melakukan penilaian.

Citizen6, Jakarta Ada istilah yang mengatakan, “Jangan menilai seseorang hanya berdasarkan tampilan dari luarnya saja.” Namun, tak bisa dipungkiri ketika Anda untuk pertama kalinya bertemu dengan seseorang, Anda akan selalu ingin melakukan penilaian kepada orang tersebut dan Anda akan memperhatikannya dengan seksama untuk mengetahui lebih dalam tentang dirinya. Seperti kejujurannya, kebaikan dirinya, dan seberapa cerdaskah orang yang Anda temui untuk pertama kali tersebut.

Memperhatikan hal-hal tersebut terbukti dapat membantu Anda untuk mengevaluasi apakah Anda akan ingin menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang yang untuk pertama kalinya Anda temui ini atau tidak. Melakukan penilain terhadap seseorang, seperti karakter orang tersebut dapat membantu Anda menentukan keputusan besar seperti menjalin hubungan romantis, mempekerjakan orang tersebut atau menerima tawaran pekerjaan darinya.

Berikut adalah hal yang harus Anda ketahui bagaimana biasanyaseseorang menilai kepribadian Anda, dan menentukan siapa diri Anda, serta mungkin atau tidaknya orang tersebut untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan Anda.

Jabat Tangan Anda

Telah dilakukan penelitian, bahwa orang-orang yang ketika berjabat tangan dengan kuat, akan memancarkan kepercayaan diri dan mencerminkan karakter yang kuat kepada orang lain. Orang-orang yang memiliki jabatan tangan yang kuat akan mengesankan dirinya memiliki sifat yang terbuka, serta mudah bersahabat dengan orang lain.

Orang dengan jabat tangan yang lemah akan memberikan kesan bahwa dirinya kurang percaya diri dan selalu cenderung ingin keluar dari sebuah tantangan dan tekanan, dengan kata lain orang seperti ini terkesan lemah dan tidak mampu mengatasi tekanan hidup yang ia miliki.

Menawarkan jabat tangan terlebih dahulu kepada orang lain yang baru pertama kali Anda temui, mampu memberi kesan bahwa Anda memiliki kepribadian yang tulus, ramah dan jauh dari sifat angkuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ketepatan Waktu Anda

Ketepatan Waktu Anda

Ketika Anda melakukan pertemuan dengan seseorang, hal yang mampu memberikan kesan tentang diri Anda kepada orang lain adalah ketika Anda pertama kali datang untuk menemui orang tersebut, dan ketika Anda akan pergi setelah bertemu dengan orang tersebut. Awal pertemuan adalah saat penting untuk memberikan kesan, baik itu kesan yang negatif ataupun positif.

Datang terlambat saat Anda melakukan pertemuan dengan orang lain, hal tersebut dapat memberikan kesan negatif, membuat Anda terkesan terbiasa menganggap remeh banyak hal dalam hidup Anda. Biasakan untuk datang tepat waktu atau datang lebih awal ketika melakukan pertemuan dengan orang lain, hal tersebut akan memberikan kesan bahwa diri Anda sangat menghargai waktu dan orang lain. Karena ketika seseorang dapat menghargai waktu, ia juga akan mampu menghargai banyak hal di dalam hidupnya.

3 dari 7 halaman

Warna Kesukaan

Warna Kesukaan Pakaian Anda

Warna yang Anda sukai ternyata sangat mempengaruhi kepribadian diri Anda. Hal ini dapat dilihat dari warna pakaian yang Anda kenakan. Orang yang lebih sering memilih warna pakaian hitam, cenderung memiliki kepribadian yang sensitif, memiliki sifat artistik dan sangat memperhatikan rincian dari suatu hal yang ia lakukan.

Sementara mereka yang menyukai pakaian berwarna hijau, menunjukan orang tersebut mencintai hidupnya, memiliki kesetian dan kasih sayang yang tinggi terhadap sesama. Bagi Anda yang menyukai mengenakan pakaian berwarna merah, menunjukan sifat Anda yang proaktif dan semangat yang tinggi dalam memperjuangkan hal untuk hidup Anda.

Sementara seseorang yang menyukai warna putih, cenderung lebih mudah diatur dan memiliki cara berpikir yang logis. Sedangkan seseorang yang menyukai warna biru, itu adalah tanda bahwa mereka memiliki emosi yang lebih stabil, lebih peka terhadap keadaan di sekitarnya, dan mudah mendapatkan perhatian dari orang lain.

4 dari 7 halaman

Tulisan tangan Anda

Tulisan tangan Anda

Menurut sebuah studi, cara seseorang menulis dan ukuran tulisan tangan Anda dapat memberitahu tentang hal-hal tertentu kepada seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Pen Company, Bahwa orang dengan tulisan tangan kecil cenderung memiliki sifat pemalu, lebih teliti dalam bekerja, dan memiliki sifat yang rajin.

Sementara seseorang yang memiliki tulisan dengan ukuran lebih besar, mereka cenderung mudah diajak bergaul dan lebih terbuka, lebih serius dalam menyikapi suatu hal karena hal tersebut terlihat dari cara mereka menulis yang lebih menggunakan tekanan agar tulisannya terlihat lebih besar.

Sedangkan seseorang yang biasa menulis dengan tulisan yang setiap hurufnya terlihat tebal dan jelas, ia cenderung memiliki perasaan yang lebih berempati pada orang lain dan lebih sensitif.

5 dari 7 halaman

Sepatu Anda

Sepatu Anda

Menurut psikolog, Anda dapat menilai seseorang hanya dengan melihat sepatu mereka. Menurut peneliti Omri Gillath dari University of Kansas, Amerika Serikat, hanya dengan memeriksa harga sepatu, gaya, warna serta kondisi sepatu, Anda bisa bisa menebak sekitar 90% dari karakteristik pribadi pemilik seperti pendapatannya, kebersihannya, jenis kelamin dan bahkan usia.

6 dari 7 halaman

Menggigit Kuku

Menggigit Kuku

Perilaku gerak pada tubuh seseorang ternyata mampu mengungkap banyak hal tentang kepribadian Anda. Bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap suatu situasi, apakah dengan menarik rambut Anda, atau ketika Anda bereaksi pada suatu hal dengan menggigit kuku Anda, hal tersebut menunjukan bahwa Anda memiliki rasa ketidaksabaran, frustrasi, kebosanan dan ketidakpuasan akan suatu hal.

Menggigit kuku misalnya. Menurut penelitian, bahwa mereka yang cenderung suka menggigit kuku adalah orang yang cenderung perfeksionis, mudah tegang dan sering gugup.

7 dari 7 halaman

Mata Anda

Mata Anda

Mata Anda adalah cerminan dari jiwa Anda. Mata Anda dapat memberitahu banyak hal kepada orang lain tentang diri Anda seperti apa yang Anda pikirkan dan rasakan, dan jika Anda sedang berbohong atau jujur, orang lain dapat melihat dari mata Anda. Menurut penelitian, orang dengan mata biru kurang menyenangkan dan lebih cenderung menjadi pecandu alkohol dibandingkan dengan orang yang memiliki warna mata gelap.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, bahwa seseorang yang biasa melakukan kontak mata saat sedang melakukan percakapan dengan orang lain, itu menandakan bahwa ia adalah orang yang tegas dan memiliki kemauan yang keras serta menghormati lawan bicaranya.

Penampilan dari luar memang bukan segalanya, namun hal tersebut biasanya justru merupakan sebuah pintu gerbang bagi orang lain untuk melakukan penilaian terhadap diri Anda. Mulailah memperhatikan penampilan Anda, berilah kesan yang baik bagi orang lain yang Anda temui untuk pertama kali.

(soy/ul)

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.